Ini Jumlah Perolehan Suara 4 Calon Rektor Unja, Juara Sementara Adalah..

Ini Jumlah Perolehan Suara 4 Calon Rektor Unja, Juara Sementara Adalah..

4 Kandidat calon rektor unja saat mengikuti Tahapan Penyaringan Pemilihan Rektor Periode 2024-2028-Foto: Bakar/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Senat Universitas Jambi menggelar Rapat Senat Tahapan Penyaringan Pemilihan Rektor Periode 2024-2028, dengan agenda pemaparan visi dan misi dan pemilihan calon Rektor.

Rapat ini dilaksanakan Selasa (24/10/2023) di Ruang Rapat Senat Lantai III Gedung Rektorat UNJA Mendalo, dipimpin langsung oleh Ketua Senat Prof. Dr. Syamsurijal Tan dan dihadiri oleh perwakilan Dirjen Diktiristek serta 85 anggota senat Universitas Jambi.

Berapa perolehan suara masing-masingnya? Ternytara dari 4 bakal calon rektor yang menyampaikan visi misi dan lanjut dengan sesi tanya jawab dan pemilihan oleh 85 anggota senat yang hadir hasilnya sangat variatif dan cukup mengejutkan.

4 Calon yang bersaing yaitu Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S, Prof. Dr. Ir. Hj. Nurhayati, M.Sc.,agr, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dan Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H. Siapa juara sementara?

Dari hasil pemilihan, diperoleh suara masing-masing yaitu:

1. Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D sebanyak 37 suara dan,

2. Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S.sebanyak 22 suara

3. Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., sebanyak 22 suara.

4. Prof. Nurhayati mendapatkan 3 suara

Sehingga tiga nama yang akan maju pada pemilihan berikutnya adalah Prof. Dr. H. Haryadi, S.E., M.M.S, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. dan Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H.

Suwitno perwakilan dari Ditjen Diktiristek menyampaikan harapan serta pesan bahwa UNJA dapat menjadi lebih maju, membawa perubahan lebih besar dan seluruh bakal calon Rektor yang sudah menandatangani surat deklarasi damai, untuk dapat menjaga kesepakatan saat melakukan proses pemilihan rektor agar terlaksana dengan aman.

Setelah ditetapkan 3 calon, Kemendikbudristek akan melakukan proses pemilihan dengan menteri melalui proses wawancara dan rekam jejak, ini dilakukan agar pemimpin UNJA bisa memiliki pemimpin yang membawa kemajuan Universitas Jambi terutama dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

“Kami berharap dari seluruh proses yang telah dijalankan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan, dan tidak ada lagi perbedaan yang dimana dalam proses pemilihan ini adalah sesuatu yang biasa sehingga terus ada evaluasi dan perbaikan pada setiap periode pemilihan rektor itu sendiri,” ujarnya.

Ketua Panita Pemilihan Rektor, Dr. Taufik Yahya, S.H., M.H., menjelaskan setelah pemilihan ini akan ditetapkan tiga calon rektor dan diteruskan ke Kemendikbud Ristek, untuk tahapan selanjutnya yaitu tahapan wawancara oleh Kementerian dan tahapan pemilihan yang diagendakan pada tanggal 9 November 2023, namun disesuaikan dengan jadwal dari kementerian. (*/kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: