TOK! Mahfud Md Resmi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

TOK! Mahfud Md Resmi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD-IG Ganjar Pranowo-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Menko Polhukam, Mahfud Md secara resmi ditetapkan sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) Ganjar Pranowo.

Kepastian Mahfud Md jadi bacawapres jagoan PDIP ini setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan sosok calon wakil presiden pendamping calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Saat mengumumkan bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo ini, Megawati didampingi partai koalisi yang mengusung Ganjar antara lain, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP Mardiono dan Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO).

Dalam acara di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023), Megawati menyampaikan sosok itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud Mahmodin.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih yang akan mendampingi bapak Ganjar Pranowo adalah bapak Profesor Mahfud MD," ujar Megawati seperti dikutip dari website pdip perjuangan.

Mahfud disebut bukan sosok yang asing, karena pernah sama-sama menjabat di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Mahfud juga disebut sebagai sosok intelektual yang mumpuni, berpengalaman lengkap di bidang eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

"Beliau juga dikenal sebagai pendekar hukum, pembela wong cilik," ujar Megawati.

Usai mengumumkan nama Mahfud, Megawati mengutip Presiden pertama RI Soekarno yang juga ayah kandungnya. Ia mengatakan, pemimpin yang sebenarnya adalah mereka yang ketika masa krisis bisa mengambil tanggung jawab untuk menyelamatkan negara kita. Ia juga mengutip syair lagu Indonesia Raya stanza ketiga dan memberikan penekanan pada upaya membangun Indonesia sebagai negara yang suci dan abadi. Hal itu perlu dilakukan dengan memilih pemimpin yang baik dan tepat pada Pilpres 2024.

Sementara itu, Mahfud MD dalam sambutannya mengatakan, selama menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Kabinet Indonesia Maju, ia bertugas memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, ia tidak pernah menyatakan kesediaan untuk berkontestasi. Kesediaan itu baru pertama kali ia ucapkan hari ini, saat dirinya sudah mendapatkan amanat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan para ketua umum partai politik pendukung Ganjar lainnya. 

"Ini pertama kali saya menyatakan bersedia menjadi cawapres," ucap Mahfud.

Sebelum pengumuman, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menegaskan bahwa sosok bakal calon wakil presiden yang akan diumumkan sebagai pendamping Ganjar Pranowo, sudah disepakati seluruh partai politik pendukung.

Pilihan sosok ini juga disebut tidak akan menyebabkan perpecahan antara Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan, di gedung ANRI, Rabu malam , akan diadakan acara deklarasi dukungan dari tokoh-tokoh muda, milenial, dan generasi Z untuk Ganjar dan pasangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: