Cara Nonton MotoGP Mandalika Biar Nggak Kagok Walau Perdana

Cara Nonton MotoGP Mandalika Biar Nggak Kagok Walau Perdana

Wartawan www.jambiekspres.co.id di Sirkuit Internasional Mandalika, untuk nonton ke sini perlu memperhatikan beberapa langkah dan kiat agar tidak kagok walau perdana nonton di Mandalika-Foto: Jambi Ekspres-

MANDALIKA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ingin merasakan sensasi nonton balap internasional MotoGP Mandalika tahun depan? Ikuti cara berikut, biar ngga kagok walau perdana nonton ke Mandalika.

Namun sebelum menjelaskan tentang cara nonton MotoGP Mandalika di Lombok, wajib siapkan dan perhatikan dulu hal-hal berikut, berdasarkan pengalaman wartawan www.jambiekspres.co.id Dona Piscesika yang baru saja menyaksikan secara langsung balapan MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023 lalu.

Pastikan Tiket Pesawat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan anda sudah mendapat tiket pesawat untuk jadwal penerbangan ke Lombok sesuai dengan jadwal event MotoGP.

Karena ini adalah pertandingan yang ditunggu banyak pihak, terkadang tiket pesawat akan sulit didapat, jika pun ada harga tiket akan melambung sengat tinggi apabila semua dilakukan dekat-dekat waktu.  

Sangat dianjurkan membeli tiket jauh-jauh hari atau paling tidak beberapa hari sebelum keberangkatan.

Membeli Tiket MotoGP Secara Online

Setelah mendapat tiket pesawat, baru lanjut ke langkah berikutnya yaitu membeli tiket MotoGP Mandalika.

Tiket MotoGP Mandalika bisa dibeli dari mana saja, karena dijual secara online melalui situs resminya.

Harus berhati-hati, terdapat beberapa platform fake atau palsu yang juga menjual tiket MotoGP palsu, jadi pastikan tiket dibeli di situs resminya.

Tahun 2023 website untuk membeli tiket MotoGP Mandalika adalah melalui website https://www.themandalikagp.com.

Jika telah masuk ke situs ini, nanti tinggal pilih menu tiket, setelah itu anda tinggal pilih posisi tempat duduk dan sesuaikan dengan bajet yang anda miliki.

Harga tiket MotoGP Mandalika bervariatif, misalnya tahun 2023 ini duduk di Grandstand J harganya Rp2,5 Juta, Premium  Grandstand K harganya untuk hari Jumat saja Rp650.000, untuk hari Sabtu saja Rp1 Juta dan untuk nonton dua hari Jumat Sabtu Rp1,5 Juta.

Sementara untuk tiket Regular Grandstand Rp560.000 untuk nonton satu hari Sabtu saja, Rp1 Juta untuk nonton hari Minggu saja dan Rp1,5 Juta untuk nonton MotoGP hari Sabtu dan Minggu 2023.

Lebih hemat lagi membeli tiket Festiva hanya Rp250rb hingga Rp700.000.

Pastikan Hotel Tempat Menginap

Nonton MotoGP sebenarnya kita bebas mau menginap di hotel mana saja di wilayah Lombok, tidak harus di sekitar sirkuit Mandalika, namun juga bisa menginap di Senggigi, Mataram dan daerah wisata lain yang ada di sekitar Lombok.

Sebaiknya pesan hotel jauh-jauh hari karena jika dilakukan mepet akan mahal dan juga sulit dapat kamar.

Namun apabila anda memilih untuk tidak menginap di hari sebelumnya, bisa juga langsung ke sirkuit Mandalika dari Bandar Udara Internasional Lombok karena jaraknya cukup dekat, hanya sekitar 30 menitan.

Namun pastikan penerbangan anda sampai di Lombok adalah sebelum jadwal pertandingan balap di mulai.

Jika gelaran MotoGP Mandalika tahun 2022 kemacetan luar biasa terjadi, namun penataan arus lalu lintas pada MotoGP Mandalika 2022 sudah jauh lebih baik dan rapi jadi tidak terjadi macet panjang.

Pastikan Transportasi Lokal di Lombok

Jika telah di Lombok, pastikan anda telah memiliki solusi untuk transportasi, apakah taksi online, sewa mobil lokal atau sewa motor dan solusi kendaraan lainnya.

Menggunakan Travel Agent atau EO


Jika tak ingin repot, anda bisa pula mengambil paket Nonton MotoGP yang ada di kota anda, biasanya beberapa Travel agent dan EO ada yang membuat program nonton MotoGP.

Menggunakan jasa travel Agent dan EO tentu akan lebih menguntungkan karena praktis. Mulai dari penerbangan hingga tiket MotoGP dan juga hotel dan transportasi lokal, semua telah diatur oleh mereka.

Soal harga, terkadang travel agent dan EO tidak akan mau mengambil keuntungan berlebihan, hanya mengambil fee atas jasa mereka mengatur perjalanan anda.

Menggunakan jasa travel agent dan EO tentu cocok bagi anda yang mungkin sibuk dan tak punya banyak waktu menyiapkan semua pesanan. Tinggal pilih perusahaan yang kredibilitasnya baik di kota anda agar semua berjalan sesuai paket yang mereka tawarkan.


Jurnalis Jambi Ekspres di Sirkuit Mandalika Lombok menyaksikan pertandingan MotoGP 2023--

Begini Cara Nonton MotoGP Mandalika

1.Tukar tiket online MotoGP anda di lokasi penukaran, terdapat beberapa lokasi penukaran termasuk di Bandara Lombok.

2.Jika tiket telah ditukar nanti anda akan diberikan sebuah gelang. Pastikan gelang dipakai sejak sebelum berangkat karena nanti di beberapa point penjagaan petugas akan menanyakan gelang, baru bisa melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi parkir.  

3.Jika menggunakan kendaraan sewaan, nanti kita akan berhenti di lokasi yang di tentukan lalu melanjutkan perjalanan ke sirkuit dengan bus shuttle yang telah disediakan panitia.

4.Bus shuttle menuju lokasi terdekat sirkuit cukup banyak dan gratis, jadi jangan rebutan, ikuti saja petunjuk dan turun di tempat yang ditentukan.

5.Sebelum masuk ke area sirkuit, pastikan anda tidak membawa minum dan senjata tajam yang berbahaya. Air mineral dan jenis minuman lainnya akan diminta dihabiskan di titik sebelum masuk gerbang, petugas juga akan memeriksa dan mendeteksi tas dengan alat electrik khusus.

6.Kemudian setelah mendekati area sirkuit, nanti akan ada petunjuk, mengarahkan ke lokasi tempat duduk masing-masing, ikuti saja, misalnya jika tiket anda di Grandstand A atau B, itu akan ada papan petunjuk, dan seterusnya.
 
7.Jika sampai di tempat duduk sirkuit, pilihlah kursi sesuai keinginan. Jika datang lebih cepat biasanya akan dapat posisi yang strategis, sebaliknya kalau telat akan dapat posisi yang tersisa.

8.Di arena dalam sirkuit, nanti anda bisa pula membeli snack dan minuman yang dijual mitra resmi MotoGP Mandalika.
 
9.Jadilah penonton yang bijak, jika balap telah dimulai, berikan sikap yang baik, missalnya tidak melempat botol minuman kea rah sirkuit, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan Tindakan anarkis.

10.Nonton MotoGP secara langsung di sirkuit, kita bisa merasakan vibes deru mesin dengan sangat kuat. Namun jika melihat pembalap kesayangan dengan mata telanjang secara fokus, itu akan sangat sulit, meski terlihat, namun sangat cepat di depan mata. Jadi manfaatkan screen yang disiapkan pihak sirkuit Mandalika untuk melanjutkan tontonan, screennya sangat lebar dan jelas, jadi bisa menyaksikan jalannya balapan saat pembalap kesayangan anda sedang tidak di depan lintasan di depan tempat duduk.  

Selain itu, pastikan juga anda menyaksikan semua rundown yang disiapkan. Jika hanya punya waktu di hari terakhir, itu juga tidak masalah.

Bisanya MotoGP dilaksanakan selama tiga hari. Berikut contoh rundown MotoGP Mandalika 2023:

Jumat, 13 Oktober
08.00-08.35 WIB: FP1 Moto3
08.50-09.30 WIB: FP1 Moto2
09.45-10.30 WIB: FP1 MotoGP
12.15-12.50 WIB: FP2 Moto3
13.05-13.45 WIB: FP2 Moto2
14.00-15.00 WIB: Practice MotoGP

Sabtu 14 Oktober
07.40-08.10 WIB: FP3 Moto3
08.25-08.55 WIB: FP3 Moto2
09.10-09.40 WIB: FP2 MotoGP
09.50-10.05 WIB: Kualifikasi 1 (Q1) MotoGP
10.15-10.30 WIB: Kualifikasi 2 (Q2) MotoGP
11.50-12.30 WIB: Kualifikasi Moto3
12.45-13.25 WIB: Kualifikasi Moto2
14.00: Sprint Race MotoGP

Minggu 15 Oktober
09.40-09.50 WIB: Warm up MotoGP
11.00 WIB: Race Moto3
12.15 WIB: Race Moto2
14.00 WIB: Race MotoGP

Ini adalah rundown MotoGP Mandalika 2023, setiap tahun biasanya aka nada beberapa modifikasi perubahan.
Jika anda hanya punya waktu libur 1 hari, disarankan nonton dan hadir di sirkuit balapan pada hari terakhir.

Jika punya waktu lebih, bisa mengikuti tiga hari full atau minimal dua hari dengan membeli tiket paket 1 dapat 2 hari ke sirkuit.

Bagaimana? Siap nonton MotoGP tahun 2024? Siapkan waktu, dana dan juga teman-teman untuk berangkat, dari sekarang. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: