Transparansi dan Akuntabilitas Menuju Sekolah Berkualitas

Transparansi dan Akuntabilitas Menuju Sekolah Berkualitas

Suminar,S.Pd--

Oleh : Suminar,S.Pd

Mulai tahun 2021 SDN 067/IX Sekernan menjadi salah satu sekolah mitra dari Program Pintar Penggerak Tanoto Poundation di kabupaten Muaro Jambi.

Kami banyak mendapat pelatihan-pelatihan baik untuk guru, kepala sekolah bahkan untuk orang tua murid. Salah satu pelatihan yang saya dapatkan adalah materi tentang “ Tranparansi dan Akuntabilitas

Lalu apa arti transparansi dan akuntabilitas ? Mengapa dan apa manfaat nya baik untuk warga sekolah atau pihak –pihak yang terkait ?

Menurut Surya Darma, 2010 ” Transparansi dalam sekolah adalah keadaan di mana semua orang yang terkait di dalamnya terhadap kepentingan pendidikan dapat mengetahui proses dan hasil pengambilan Keputusan dan kebijakan sekolah “

Dari kutipan ini dapat kita artikan bahwa semua pihak baik di lingkup sekolah seperti kepala sekolah, guru dan siswa atau di luar sekolah seperti orang tua,  dinas dan stakeholder layak mengetahui proses dan hasil pengambilan keputusan dan kebijakan sekolah.

Kebijakan sekolah baik dalam hal pendidikan seperti kegiatan proses pembelajaran dan hasil penilaian pembelajaran, juga kebijakan mengenai perencanaan dan penggunaan anggaran dan  belanja sekolah.

Lalu apa manfaat transparansi ? Di kutip dari Minarti, 2011 “ Manfaat dari adanya transparansi dapat menciptakan kepercayaan timbal balik antara pemerintah, masyarakat, orang tua siswa, dan warga sekolah melalui penyediaan informasi dan menjamin kemudahan di dalam memperoleh informasi yang akurat dan memadai “

Bagaimana dengan akuntabilitas ? Akuntabilitas ini lebih kepada masalah pertanggungjawaban terhadap kebijakan dan Keputusan yang telah diambil.Fungsi akuntabilitas adalah sebagai alat kontrol dan monitor tugas, mencegah dan menekan penyalahgunaan, dan peningkatan kinerja.

Jenis akuntabilitas ada dua yakni akuntabilitas vertikal dan akuntabilitas horizontal. Akuntabilitas vertikal adalah sebuah kondisi di mana seseorang harus mempertanggungjawabkan keputusan yang diambilnya kepada jabatan yang lebih tinggi sedangkan akuntabilitas. Sementara akuntabilitas horizontal adalah bentuk tanggung jawab organisasi terhadap masyarakat dan lingkungan eksternalnya yang tidak ada hubungan antara atasan dan bawahan.

Indikator dari keberhasilan transparansi dan akuntabilitas menurut Slamet, 2005 adalah :

1. Meningkatnya kepercayaan dan kepuasan publik terhadap sekolah

2. Tumbuhnya kesadaran publik tentang hak untuk menilai terhadap penyelenggaraan Pendidikan sekolah.

3. Meningkatnya kesesuaian kegiatan sekolah dengan nilai dan norma yang berkembang di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: