Tenaga Bongkar Muat dan Tenaga Operasional Dilatih K3

Tenaga Bongkar Muat dan Tenaga Operasional Dilatih K3

Tenaga Bongkar Muat dan Tenaga Operasional Dilatih K3--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Jambi laksanakan pelatihan K3 Muda yang diperuntukan kepada Tenaga Bongkar Muat (TKBM).

Tenaga Operasional Lapangan dilingkungan kerja Pelindo Talang Duku Jambi, Jumat (13/10) lalu.

Dalam rangka komitmen Pelindo untuk meningkatkan profesionalisme pekerja khususnya mengenai Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3), dan juga sesuai undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja.

Bahwa setiap perusahaan dituntut untuk lebih melakukan pembinaan terhadap tenaga kerja agar dapat menghindari tingkat kecelakaan kerja yang terjadi.

Serta meningkatkan kesadaran para tenaga kerja atas pentingnya pengetahuan dan sifat kepedulian terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) demi tercapai suasana kerja yang lebih baik.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari mulai 11-13 Oktober 2023 yang diikuti sebanyak 20 peserta yang terdiri dari TKBM, dan Tenaga Operasional Lapangan. Pada hari pertama pelatihan ini juga  dihadiri oleh Plh General Manager Pelindo Jambi (Lingga Ginanjar) , Junior Manager SDM, Umum dan KBLK (Heri Kusmiran), kadis Nakertrans (Bahari Panjaitan), Kabid Binwasnaker dan HI Dodi (Herianto Parmin).

Lingga Ginanjar Plh General Manager Pelindo Jambi dalam sambutannya mengatakan, PT Pelindo Jambi berupaya mengoptimalkan standarisasi keamanan dalam kegiatan operasional pelabuhan.

“Serta mengimbau kepada seluruh pekerja maupun pengguna jasa untuk selalu waspada dan selalu mengutamakan K3 saat bekerja,” kata Lingga Jum’at (13/10) lalu.

Kadis Nakertrans Provinsi Jambi, Bahari Panjaitan berharap dengan adanya program Pelatihan Keahlian K3 Muda ini dapat membekali, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para TKBM dan Tenaga Operasional Lapangan mengenai prosedur pelaksanaan kerja dan pengetahuan mengenai bahaya yang ada di lapangan dan beserta pencegahannya.

“Jadi apabila terjadi bahaya dilapangan, tenaga bongkar muat dan tenaga operasional sudah dapat melakukan antisipasi,” terang Bahari.

Sementara itu, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Jambi menyerahkan beasiswa kepada anak berprestasi dari lingkungan Pekerja Pelindo Jambi. Sebanyak 15 orang anak dari jenjang SD, SMP dan SMA mendapatkan beasiswa dari Program  Pelindo Champions  Scholarship Port Community Tahun  2023.

Program pemberian beasiswa kepada anak berprestasi dari pekerja dilingkungan Pelindo Jambi merupakan salah satu program TJSL yang terus komitmen dijalankan oleh Pelindo gruop tiap tahunnya.

Proses seleksi administrasi bakal calon penerima program beasiswa ini sudah dimulai sejak awal Maret 2023 lalu. Dan pada  hari Rabu (4/10) lalu, team TJSL Pelindo Jambi sudah menerima nama-nama anak yang berhak menerima bantuan beasiswa tersebut yaitu anak berprestasi diantaranya anak dari clinic services, security, dan anak berprestasi dari pekerja Tenaga Alih Daya dilingkungan Pelindo Jambi

“Kami manajemen Pelindo Jambi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif, upaya dan kerja kerasnya kepada segenap team TJSL Pelindo Jambi sudah mengurus, mengawasi sehingga dapat terselenggara kegiatan bantuan pendidikan sebagai bentuk penghargaan anak berprestasi dan, giat ini merupakan kegiatan mulia, ” ungkap General Manager Jambi,  Ahmad Fahmi disela-sela penyerahan beasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: