Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK 15 Oktober 2023

 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK 15 Oktober 2023

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK 15 Oktober 2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mencatat ada 4.995 orang pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu setelah penutupan pendaftaran ditambah dengan perpanjangan hingga 11 Oktober lalu.

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Firman Kurniawan mengatakan pendaftar terbanyak untuk formasi guru.

“Rincian yang mendaftar tenaga Guru 3.865, tenaga kesehatan 744, dan teknis 346,” kata Firman (12/10).

Adapun saat ini sedang dalam seleksi administrasi yang telah berjalan dari 20 September hingga 14 Oktober mendatang. Hasilnya akan diumumkan pada 15 hingga 18 Oktober. “Verifikasi dilakukan oleh Panitia Seleksi daerah dan masih berproses sampai tanggal 14 Oktober,” terangnya.

Firman menjelaskan ada beberapa faktor pendaftar nantinya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) melaju ke tahap selanjutnya Seleksi Kompetensi (CAT). “Yang menyebabkan pendaftar memjadi TMS antara lain dokumen pendukung tidak sesuai, masa kerja kurang dan kualifikasi pendidikan tdk sesuai persyaratan,” jelasnya.

Selain itu, setelah pengumuman seleksi administrasi akan diberikan waktu masa sanggah bagi pelamar yang memprotes statusnya yang TMS. “Masa sanggah 3 hari, 19 hingga 21 Oktober, dan pengumuman pasca sanggah 22-28 Oktober 2023,” terang Firman.

Adapun untuk tahun 2023 ini Pemprov memiliki 1.922 formasi. Dengan rincian, tenaga guru 1.700 orang, tenaga kesehatan 200 dan tenaga teknis menjadi 22 orang.

Firman menyatakan untuk penerimaan PPPK tahun ini porsinya 80 persen berasal dari pelamar khusus (honorer pemda/instansi terkait) dan 20 berasal dari pelamar umum. Adapun untuk pelamar umum ini dimaksudkan, bagi mereka yang mempunyai pengalaman kerja di Pemda, Kementerian atau swasta sesuai dengan jabatan yang dilamar, minimal 2 tahun.

“Jadi honorer luar Pemprov bisa melamar dari jalur umum ini. Nanti ada jabatan yang kita bedakan untuk yang bisa dilamar pelamar umum dan khusus,”ucap Firman.

Termasuk untuk guru bisa dilamar oleh pelamar umum dengan syarat Pendidikan Guru (PPG), terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik),

Untuk jenis tes PPPK tahun ini Firman menyebut lebih ringkas. Karena hanya melalui uji kompetensi CAT BKN yang dijadwalkan di UPT BKN Jambi.

Dan tak ada lagi observasi atau penilaian kepala sekolah seperti tahun lalu. “Proses setelah pengumuman dan pendaftaran setelah tanggal 3 ada seleksi administrasi, masa sanggah, pengumuman peserta seleksi dan uji kompetensi CAT BKN,” katanya.

Sementara itu, total ada sebanyak 6.465 pelamar untuk memperebutkan 2.928 formasi PPPK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: