Wow! UIN STS Jambi Kembali Buka Kelas COIL Internasional Bersama MSU Amerika

Wow! UIN STS Jambi Kembali Buka Kelas COIL Internasional Bersama MSU Amerika

UIN STS Jambi Kembali Buka Kelas COIL Internasional Bersama MSU Amerika--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Wow! Setelah sukses membuka kelas COIL Internasional selama satu tahun, UIN STS Jambi kembali menggandeng Michigan State University (MSU) untuk kembali membuka kelas Internasional.

Pada kelas Collaborative Online International Learning (COIL) tahun kedua ini mengangkat tema Islamic Architecture.

Pada tahun ini, kelas Internasional akan diikuti mahasiswa program pascasarjana baik dari UIN STS Jambi maupun MSU. Hal ini berbeda dari tahun pertama yang hanya diikuti mahasiswa S1. Ada enam mahasiswa MSU, dimana lima diantaranya mahasiswa Ph.D dan satu mahasiswa master dari kelas Global Studies in Art Humanities (GSAH) MSU. Sementara dari pihak UIN STS Jambi, kelas diikuti oleh lima belas mahasiswa master pada Tadris Bahasa Inggris (TBI).

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi.,MA.,Ph.D., sangat mengapresiasi keberlanjutan kelas COIL Internasional antara UIN STS Jambi dan MSU dibawah koordinasi Wakil Rektor I, Dr. Rofiqoh Ferawati.,M.EI.

“Sebuah kebanggan buat UIN STS Jambi, bahkan saat ini akan masuk kelas kedua. Kelas ini harus menjadi motivasi bagi mahasiswa UIN STS Jambi yang sudah mampu bekerjasama dengan mahasiswa dari Amerika Serikat,” tegas Rektor UIN STS Jambi.


Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi., MA., Ph.D--

Dirinya juga merasa sangat bangga atas terbukanya kelas COIL internasional yang kedua, dimana pihak MSU diisi mayoritas mahasiswa doktoral. Dimana UIN STS Jambi dari kelas Master.

“Kelas COIL ini akan dapat melecut semangat agar kita tetap selalu dapat terus belajar, berbagi, dan menyebarkan semangat transintegrasi ilmu kepada siapa saja, termasuk mahasiswa dari Amerika.” tegas Prof. Dr. H. Suaidi.,MA.,Ph.D.

Direktur Program Pascasarjana, Prof. Dr. H. Ahmad Syukri., SS., M.Ag., mengatakan kegiatan ini adalah sebuah kebanggan UIN STS Jambi bisa bekerjasama dengan MSU Amerika.

“Pascasarjana akan terus memberikan support agar kegiatan akademik serupa dapat terus digalakkan.” Jelas Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi.

Kerjasama kelas internasional COIL antara UIN STS Jambi dan MSU merupakan satu dari beberapa kegiatan nyata yang telah dilaksanakan dengan mutal benefit. Semoga Kerjasama ini dapat terus memberi efek positif pada semangat UIN STS Jambi sebagai kampus lokomotif perobahan sosial.

COIL sendiri adalah kelas online yang diampu bersama dan diikuti oleh mahasiswa dari dua kampus yang telah berkomitmen bekerjasama. Diawali dari penyamaan persepsi, kemudian mengambil benang merah dari dua mata kulaih yang berbeda, lalu kedua belah pihak secara bersama-sama menyusun silabus dan mini project penelitian.

Mata kuliah dari UIN STS Jambi adalah Entrepreneurship in English Language Teaching yang diampu oleh Dion Ginanto, Ph.D. Sementara mata kuliah dari pihak MSU adalah kelas Global Studies yang diampu oleh Prof. Salah Hassan. Proses perencanaan kelas ini sendiri berlangsung kurang lebih satu semester sebelum kelas dimulai.

Titik temu dari dua mata kuliah ini adalah tentang global market, food crisis, dan environment issue. Tema ini diilhami dengan isu keleangkaan pangan yang melanda hampur seluruh dunia. Indonesia juga termasuk negara yang harus selalu mengimpor beras. Padahal dulu sempat swasembada dan surplus beras. Salah satu penyebab utamanya adalah petani padi merubah lahan menjadi kebun sawit. Selin karena lebih menghasilkan, kebun sawit relatif lebih mudah proses perawatannya. Akan tetapi tentu perkebunan sawit selain berimbas pada berkurangnya produksi beras; kebun sawit ternyata mempunyai efek negatif pada bidang lingkungan. Dua hal inilah yang kemudian menjadi magnet untuk dipelajari lebih mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: