Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi Penerima Hibah Kemendikbudristek, Peduli UMKM Batik Jambi

Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi Penerima Hibah Kemendikbudristek, Peduli UMKM Batik Jambi

Foto bersama Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi, penerima hibah Kemendikbudristek peduli UMKM Batik Jambi--

Tidak hanya berdampak pada kesehatan, polutan daripada limbah batik juga berdampak pada kesehatan lingkungan, sehingga penting untuk memberdayakan para pengrajin batik dalam mengelola limbah yang dihasilkan dari proses membatik.

Materi mengenai “Pengolahan Limbah Cair Batik” disampaikan oleh Ahmad Husaini, SKM, M.Kes, yang mana para pengrajin batik diajarkan untuk membuat alat pengolahan libah batik yang sesuai bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dengan bahan dan alat yang mudah serta murah didapat tersebut, pengrajin batik merasa senang dan antusias dikarenakan tidak mempengaruhi pendapatan mereka mengingat ongkos produksi dari proses membatik sudah cukup mahal.

"Pengolahan limbah batik ini menjadi fokus utama, mengingat sentra kerajinan batik yang ada di Kota Jambi terletak disepanjang Sungai Batanghari. Jangan sampai indahnya kain yang kita pakai, dalam proses pembuatannya dapat merusak lingkungan," tandas Ahmad Husaini, SKM, M.Kes.

Diakhir kegiatan, Tim memberikan alat pengolahan limbah cair sederhana, yang dapat digunakan secara langsung oleh pekerja batik, dan tentunya hal tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan lingkungan sekitar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: