Harga BBM Naik, Tenang Ini Ada Tips Agar Mobil Irit BBM

  Harga BBM Naik, Tenang Ini Ada Tips Agar Mobil Irit BBM

Terhitung mulai 1 Oktober 2023 harga BBM se Indonesia mengalami kenaikan-Setya Novanto/Jambi Ekspres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) se-Indonesia kembali naik pada 1 Oktober 2023.

Pada kenaikan harga terbaru BBM kali ini sangat menguras kantong. Berikut tips agar BBM tetap irit ditengah kenaikan harga BBM seperti dikutip dari astra daihatsu

Servis Kendaraan Berkala 

Servis kendaraan secara teratur di bengkel resmi pabrikan mobil performa mesinnya tetap terjaga dan bekerja optimal. Saat servis, teknisi akan memeriksa semua komponen mobil untuk memastikan semua komponennya bekerja baik. 

Jangan lupa juga untuk ganti oli mobil. Waktu yang direkomendasikan untuk mengganti oli mesin adalah minimal setiap 6 bulan sekali.

Penyaring udara yang terlalu kotor juga bisa menghambat putaran mesin dan membuat pergerakkannya semakin besar sehingga butuh lebih banyak bahan bakar. Ingatkan teknisi saat kunjungan servis untuk juga mengecek komponen ini. 

Cek Tekanan Udara Ban

Tips agar mobil irit BBM selanjutnya adalah dengan memerhatikan tekanan udara pada ban. Tekanan udara ban yang kurang bisa membuat mobil bekerja lebih keras saat melaju. Dan itu membuat konsumsi BBM semakin tinggi. 

Periksa tekanan udara ban mobil sesuai yang direkomendasikan pabrikan, biasanya minimal 1-2 kali dalam sebulan. Jangan juga mengisi angin atau udara ban melebihi ketentuan, karena bisa membuat mobil bergerak tidak nyaman dan mengurangi grip ban saat terjun di jalanan.

Gunakan Peta Digital

Memanfaatkan aplikasi peta digital untuk mencari rute tercepat ke tujuan, terutama bila bepergian ke tempat baru atau belum pernah disinggahi. Ingat, semakin lama berkendara, semakin banyak juga konsumsi bahan bakar yang dihasilkan.

Terapkan Manajemen Waktu Perjalanan

Buat agenda perjalanan untuk hari ini dan pelajari jam sibuk pada rute yang akan kamu singgahi. Manajemen waktu pada agenda perjalanan bisa membuat perjalanan menjadi lebih efektif dan menghindari terjebak pada kemacetan lalu lintas. 

Atur Muatan Mobil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: