Pj Bupati Kerinci dan Pj Walikota Jambi, Gubernur: Saya Usulkan Pejabat Pemprov

Pj Bupati Kerinci dan Pj Walikota Jambi, Gubernur: Saya Usulkan Pejabat Pemprov

Gubernur Jambi Al Haris--

Memang sebut dia, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Mendagri untuk pengajuan nama Pj Wali Kota Jambi tersebut.

Sementara terkait usulan nama dari 8 fraksi di DPRD Kota Jambi ke pimpinan DPRD, Absor belum mau memberikan jawaban.

“Saya lagi di Kerinci. Nanti dilihat dulu ya,” ujarnya.

Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Jambi Nasroel Yasir angkat bicara terkait informasi tersebut. Ia mengingatkan agar proses pengajuan 3 nama Calon Pj Walikota mentaati aturan yang berlaku.

“Jangan cawe-cawe apalagi gratifikasi. KAD harapkan KPK ikut memonitoring proses pengajuan calon yang akan diajukan kepada Mendagri 9 Oktober mendatang, setelah dilakukan pleno pimpinan,” katanya.

Di bagian lain, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi resmi mengajukan tiga nama Calon Pejabat Bupati Kerinci Kamis (5/10/2023).

Informasi yang didapatkan ketiga nama tersebut diantaranya adalah, Tema Wisman, Asraf dan Zainal Effendi. Sedangkan Darifus yang juga ikut mendaftarkan jadi calon PJ Bupati Kerinci tersingkir. Setelah diparipurna DPRD Kerinci menetapkan tiga nama yang dinilai paling layak dan memenuhi persyaratan untuk jadi PJ Bupati Kerinci. Karena sesuai persyaratan DPRD hanya mengajukan tiga nama calon PJ Bupati ke Kemendagri.

“Iya nama diajukan oleh DPRD Kabupaten Kerinci, Pak Tema Wisman, Pak Asraf dan Pak Zainal Efendi, ” kata Pimpinan DPRD Kerinci Yuldi Herman Jumat (6/10/2023).

Sebelumnya sesuai keputusan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci yang digelar di kantor DPRD Ujung Ladang, dalam agenda untuk mengusulkan Penjabat (Pj) Bupati Kerinci periode 2019-2024.

Tiga nama calon untuk menjadi Pj Bupati Kerinci dua (2) diantaranya adalah pejabat ASN dari luar daerah Kabupaten Kerinci yaitu Asraf dan Tema Wisman, dan hanya mengusulkan satu (1) orang ASN aktif di Pemkab Kerinci yaitu, Zainal Efendi.

Tema Wisman dan Asraf dikonfirmasi juga membenarkan bahwa sebelumnya sudah menyerahkan berkas pendaftaran jadi PJ Bupati Kerinci. Demikian juga dengan Sekda Zainal Efendi.

Ketiganya mengaku siap dan menunggu keputusan mendagri untuk memimpin Kerinci setelah pengunduran Bupati Adirozal ubah resminya setelah penetapan DCT tanggal 3 November 2023. (aba/hfz/hdp/mg3)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: