Pilkada Merangin 2024, Restu Al Haris Sangat Berpengaruh

Pilkada Merangin 2024, Restu Al Haris Sangat Berpengaruh

PARPOL : Gubernur Jambi Al Haris memberikan pengarahan dalam acara penyerahan KTA dan pemangan jas partai di DPW PAN Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Peran Gubernur Jambi Al Haris sangat menenutukan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Merangin 2024.

Restunya terhadap para kandidat disebut-sebut berpengaruh besar dalam menentukan kemenangan kandidat

Terlebih Kabupaten Merangin merupakan basis utama Al Haris maju sebagai calon gubernur Jambi untuk periode kedua. Untuk mempermudah langkahnya itu, Al Haris harus memastikan Merangin tetap solid mendukung dirinya untuk pemenangan Pilgub Jabi 2024.

Pengamat politik Jambi, Pahruddin menilai Pilkada Merangin akan menjadi menarik sekali untuk dianalisa. Karena Pilkada Merangin yang merupakan kantong suara Al haris berbarengan dengan Pilgub Jambi.

“Ini menarik sekali, kita akan melihat bagaimana calon gubenurnya. Misalnya Al Haris tentu akan terkoneksi dengan calon bupati,” ujarnya, Kamis (5/10) kemarin.

Karena beriringan, kata Pahruddin, maka Al Haris lebih nyaman jika pendukung nantinya akan satu pilihan dengan Pilgub Jambi. Misalnya dalam hal partai politik, dukungan PAN kemungkinan akan sama antara Pilkada Merangin dan Pilgub.

“Karena beriringan, maka akan lebih nyaman kalau satu pilihan. Termasuk soal partai politik, misalnya Al Haris yang didukung PAN, maka Merangin untuk Bupati harus bisa segaris lurus dengan pilihan di Pilgub Jambi,” sebutnya.

Direktur eksekutif Publik Trust Institute (PUTIN) ini menjelaskan, maka sangat ditunggu-tunggu pada Pilkada 2024 nanti siapa tokoh calon bupati yang akan didukung oleh Al Haris sebagai calon gubernur. Jika melihat  Pilkada sebelumnya, calon PAN direpresentasikan kepada H Nalim diketahui menjadi rival politik Al Haris . “Nah untuk 2024 nanti, apakah dukungan PAN masih seperti itu atau tidak. Ini menarik untuk ditunggu,” ungkapnya.

Bagaimana nama Muzakir yang namanya juga masuk dalam bursa calon bupati Merangin? Dosen Universitas Nurdin Hamzah ini menyebutkan, begitu tahapan berjalan afliasi para kandidat akan terlihat. Untuk saat ini bisa saja, nama Muzakir disebut-sebut karena menjadi salah satu orang dekat Al Haris.

“Nanti akan terlihat kemana arah dukungan itu. Tidak Al Haris, calon gubernur yang lain juga akan terlihat afliasinya kemana, karena Pilkada itu dilakukan beriringan tadi,” bebernya.

Sebelumnya, sejumlah nama di gandang-gadang turun gunung meramaikan perebutan BH 1 Merangin tersebut. Pertama ada Nilwan Yahya, mantan Wakil Bupati Merangin. Nilwan merupakan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang saat ini uji peruntungan dengan maju sebagai Bacaleg DPRD Provinsi Jambi.

Nilwan memiliki peluang untuk maju di Pilkada Merangin. Ia memiliki basis dan dukungan lewat PPP yang saat ini dipersiapkannya untuk merebut kursi DPRD Merangin.

Kedua ada Herman Effendi, Ketua DPRD Kabupaten Merangin. Herman Efendi berpeluang mengantongi tiket lewat partai Golkar yang saat ini tengah di pimpinnya.

Ada juga nama M Syukur anggota DPD RI yang tidak kalah berpotensi besar. Dengan kapasitasnya sebagai senator senayan, M Syukur juga berpengalaman untuk memenangkan pertarungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: