Sebulan Kota Jambi Butuh 2.300 Kantong Darah

Sebulan Kota Jambi Butuh 2.300 Kantong Darah

Sebulan Kota Jambi Butuh 2.300 Kantong Darah-Ilustrasi IST-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kebutuhan darah di Kota Jambi mencapai 2.300 kantong setiap bulannya. Angka tersebut diketahui dari jumlah permintaan masyarakat ke PMI Kota Jambi.

Aswan Hidayat, juru bicara PMI Kota Jambi mengatakan, permintaan darah di PMI Kota Jambi memang terus meningkat.

"Kebutuhan real perbulan berkisar antara 2.200 sampai dengan 2.300 kantong perbulan," kata Aswan, Kamis, (5/10).

Namun sebut Aswan, dari kebutuhan tersebut hanya mampu dipenuhi pihaknya sebanyak 75 persen yang berasal dari donor sukarela.

"Sisanya dipenuhi dari donor pengganti," ujarnya.

Kata Aswan, PMI Kota Jambi saat ini tidak hanya memenuhi kebutuhan darah untuk warga Jambi atau pasien yang di rawat di Kota Jambi. Tapi juga banyak permintaan darah dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

"Bahkan beberapa ada permintaan dari daerah di luar Provinsi Jambi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Jambi," sebutnya.

"PMI Kota Jambi ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan darah bagi pasien di RS Kota Jambi, namun ada juga dari luar Kota Jambi," tambahnya.

Aswan mengaku, semua golongan darah sangat dibutuhkan, mulai dari golongan A, A+, AB, B, dan O.

"Memang yang agak langka golongan AB dan A+," ujarnya.

Aswan menyarankan bagi pasien yang membutuhkan darah untuk mengutamakan pendonor dari kalangan keluarga karena  tingkat kecocokan lebih besar.

Ia menyebutkan, beberapa langkah ditempuh PMI Kota Jambi untuk meningkatkan donor sukarela, yaitu dengan memperbanyak kegiatan dan sosialisasi donor darah, seperti pembentukan kampung donor darah, membuat kerjasama donor darah dengan universitas, instansi, perusahaan di Provinsi Jambi.

"Kita juga mengajukan kerjasama pada kegiatan yang sifatnya masal, agar dapat diadakan kegiatan donor darah dalam rangkaian acaranya," pungkasnya. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: