Bukit Tempat Bersemayam Para Putri Kahyangan

Bukit Tempat Bersemayam Para Putri Kahyangan

Suasana Bukit Kahyangan di Kota Sungai Penuh, menuju ketinggian 2.000 mdpl hanya 30 menit dari pusat kota. -Tangkap Layar IG @kerinci_tourismm (kiri) dan IG @panoramakerinci (kanan)-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tempat bersemayam para putri kahyangan, demikian masyarakat setempat menyebut lokasi wisata yang ada di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi ini.

Keindahan dan pesonanya, membuat ia kemudian digambarkan sebagai tempat kediaman para kahyangan hingga kemudian diberi nama Bukit Khayangan.

Kecantikannya juga diakui secara administrasi, tahun 2017 lalu lokasi ini dinobatkan sebagai dataran tinggi terpopuler di Indonesia dalam ajang Augerah Pesona Indonesia (API).

Datang ke Kota Sungai Penuh, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Bukit Khayangan, sudah semacam kewajiban, ada istilah, belum ke Sungai Penuh namanya kalau belum menikmati keindahan Bukit Kayangan.

Lokasi Bukit Khayangan ada di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh. Dari atas Bukit Khayangan, akan terlihat pemandangan Danau Kerinci, hamparan sawah, hutan dan juga Kawasan pemukiman penduduk.

Bukit Khayangan berada di deretan Gunung Raya yang merupakan jalur Bukit Barisan yang sangat dekat dengan penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat, itu sebabnya saat berada di sini, kita akan merasakan kesejukan dan juga udara yang sangat bersih.

BACA JUGA:Amazing! Bisa Memandang Danau dan Gunung Kerinci Sekaligus dari Bukit Telasih
 
Rasa sejuk di sini juga karena Bukit Khayangan berada pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Jika beruntung, kita bisa pula merasakan tinggal di negeri di atas awan, karena bisa saja saat kita ada di puncak Bukit Khayangan, di sekeliling bawahnya dipenuhi dengan awan-awan putih yang sedang bersandar di punggung bebukitan.

Terkadang, kita bisa pula menikmati sejuknya kulit ketika diterpa embun, terasa sangat dingin dan punya pesona tersendiri.

Lokasinya ada di puncak bukit, namun bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua hingga roda empat, nikmat mana lagi yang kita ingkari untuk menikmati pesona bukit Kayangan.

BACA JUGA:Wisata Pasir Hitam Bekas Muntahan Gunung Kerinci

Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Kota Sungai Penuh, hanya sekitar 30 menit dari pusat kota.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit curam yang hijau, yang kiri kanan dipenuhi rumput ilalang dan beberapa pohon.

Akan mudah pula melihat Kawasan perkebunan masyarakat mulai dari kebun kayu manis dan juga kebun kopi.

Jika anda suka jogging di kontur berbukit, jalur ke Bukit Khayangan bisa pula dijadikan sebagai lokasinya. Kapan lagi bisa mendapat jalur jogging dengan pemandangan luar biasa.

Kawasan ini juga terus dibenah oleh pengelolanya, Pemerintah Kota Sungai Penuh.

Di sini tersedia alun-alun untuk beristirahat dan juga dibuat bangunan untuk spot nyaman menikmati keindahan dan suasana di Bukit Khayangan sekaligus untuk tempat berfoto.

BACA JUGA:Danau Gunung Tujuh Bersinar di Tengah Kawasan Situs Warisan Dunia

Lokasi ini benar-benar cocok dijadikan lokasi untuk menghilangkan lelah dan juga melepas kepenatan beraktivitas.

Jika pengunjung sedang sepi, kita bisa pula berteriak sekencang-kencangnya dari atas bukit, melepas sesak di dada atau sekedar melampiaskan kebahagiaan.

Beberapa warung juga tersedia, menjual kopi hangat, mie panas dan juga beberapa cemilan lainnya.

Kapan waktu yang tempat untuk datang ke sini? Sebenarnya tak ada ketentuan khusus, bisa pagi, siang atau sore, namun tidak dianjurkan malam karena lokasi ini belum dilengkapi lampu.

Namun ada satu yang perlu diwaspadai, berdasarkan pengalaman tim Jambi Ekspres, saat musim penghujan, terkadang beberapa titik jalur ke lokasi ini mengalami longsor.

BACA JUGA:Cara Naik Gunung Kerinci Tak Boleh Asal Mendaki

Akan sangat berbahaya membawa kendaraan, selain licin, juga berkemungkinan bisa terjebak tak bisa lewat hingga datang bantuan alat berat.

Karena Bukit Khayangan tak jauh dari pusat kota, biasanya jika terjadi longsor, alat-alat berat akan segera datang membersihkan lokasi, pemerintah setempat sepertinya sudah cukup terbiasa mengatasi masalah ini di musim penghujan.
 
Selagi sekarang sedang musim kemarau, mungkin bisa jadikan Bukit Khayangan sebagai lokasi tujuan kunjungan anda di pekan ini. Tertarik?. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: