Malam Ini Harga BBM Baru Diumumkan, Update BBM 30 September 2023, BBM Naik 800-2.550/Liter

 Malam Ini Harga BBM Baru Diumumkan, Update BBM 30 September 2023, BBM Naik 800-2.550/Liter

Petugas SPBU di Kawasan Nusa Indah, Kota Jambi sedang melakukan pengisian BBM ke mobil-Setya Novanto/Jambi Ekspres-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Malam ini Sabtu (30/09) harga Bahan Bakar Minyak (BBM) baru diumumkan.

Seperti pada bulan-bulan sebelumnya, Pertamina Persero selalu mengupgrade harga BBM tiap akhir bulan dan mulai berlaku pada awal bulan berikutnya.

Bagaimana dengan harga BBM awal Oktober 2023?  apakah naik atau Turun? Untuk mengetahui perubahan harga BBM banyak faktor yang mempengaruhinya,

Dikutip dari instagram milik pertamina, berikut faktor penyebab harga bbm fluktuatif, Harga Minyak dunia, Nilai tukar rupiah,Biaya mengangkut minyak mentah, Biaya pengolahan/kilang, Biaya penyimpanan BBM, Biaya distribusi, Tarif pajak PPN dan Pajak bahan bakar kendaraan bermotor  (PBBKB) yang ditentukan pemda besarannya 5-10 persen sertaMargin badan usaha (maks 10 persen dari harga dasar).

"Harga BBM pertamina mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya minyak mentah, publikasi MOPS, kurs, agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyedia dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok tanah air, "ujar Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga.

Hal yang sama diungkapkan Anggota BPH Migas Basuki Trikora Putra. Menurut alumni Teknik Mesin Universitas Trisakti ini ada banyak variabel yang menentukan harga BBM, termasuk BBM nonsubsidi atau non-oublic service obligation.

''Di antaranya harga minyak dunia, rata-rata harga Publikasi Produk (MOPS) yang terbit setiap hari untuk jangka waktu/periode tertentu,"ujarnya seperti dikutip dari instragram Pertamina.

Apa itu MOPS?  MOPS atau  Mean of  Platts Singapore adalah penilaian produk untuk trading minyak di kawasan asia  yang dibuat oleh platts, anak perusahaan McGrow Hill. Istilah MOPS selama ini dikenal di Indonesia dengan  Mid Oil Platts Singapore dijadikan patokan harga BBM di Indonesia berdasarkan Perpres  No.55 tahun 2005.  

Sementara itu, hingga awal September 2023, harga BBM sudah mengalami perubahan harga yang ke-9.

Selama 9 kali penyesuaian, harga BBM terutama non subsidi sangat flutuatif. Berikut catatan Jambi Ekspres terkait perubahan harga BBM dari Januari hingga September 2023.

1.  Tepat 3 Januari 2023 atau perubahan pertama, seluruh penyedia BBM di Indonesia baik pertamina maupun swasta kompak menurunkan harga BBM.

Untuk BBM Pertamina yang turun, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex (Pertadex)

2. Pada perubahan kedua tepat 1 Februari 2023 Pertamina mnaikkan harga BBM terutama BBM Pertamax Turbo dan Pertamina Dex (Pertadex) .

3. Perubahan harga BBM ke-3 atau tepat  1 Maret 2023  harga BBM ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Yang mengalami kenaikan seperti Pertamax, Pertamax Turbo. Sedangkan yang mengalami penurunan seperti Dexite dan Pertadex.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: