Pesona Bali Tersembunyi di Kerinci

Pesona Bali Tersembunyi di Kerinci

Pantai Ratu Sigindo Kuning di Desa Koto Tengah Seleman Kerinci-Foto: Istimewa-

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pantai ini ada di KERINCI, tapi saat mengunjunginya kita serasa sedang berada di Bali. Ya, pesona Bali rupanya tersembunyi di KERINCI.

Nama lokasi wisata ini adalah Pantai Ratu Sigindo Kuning. Pantai ini berada di Desa Koto Tengah Seleman, Kecamatan Danau KERINCI. Jaraknya sekitar 14 Kilometer dari pusat Kota Sungai Penuh, atau 6 km dari Bandara Depati Parbo KERINCI.
 
Disebut pantai, karena lokasi ini memang seperti pantai dengan deburan pasir dan ombak yang sangat indah.

Jika pantai Bali airnya asin, bedanya Pantai Ratu Sigindo Kuning airnya tawar.

Pantai ini merupakan bagian dari pinggir Danau Kerinci yang berada di Desa Seleman kemudian dijadikan lokasi wisata oleh Badan Usaha Milik Desa setempat.

Sangat kreatif, BUMdes selaku pengelola membersihkan area ini, pinggiran yang berumput dirapikan dan beberapa pohon rindang dibiarkan menjadi pelindung.

Tentu saja bermain di Pantai Ratu Sigindo Kuning sangat aman, tinggi ombaknya kategori sedang, membuat nyaman siapa saja yang duduk ataupun mandi di sekitarnya, termasuk anak-anak asal tetap dalam pengawasan orangtua.

Menuju ke lokasi ini cukup mudah, bisa menggunakan motor maupun mobil tujuan Desa Koto Tengah Seleman.

Sampai di Desa  Koto Tengah Seleman,  berhenti di depan Toko Grosir Satria. Dari sana masuk  gang ke arah danau, kira-kira 500 meter.

“Berhubung  jalanan  gangnya  agak sempit,  hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.  Sementara mobil  diparkir di pinggir jalan raya,  pemiliknya bisa naik ojek yang standby dari pagi hingga sore,” tulis seorang blogger Kerinci CelotehNur54.

Nanti akan ada tukang ojek lokal standby menunggu, tentu saja ojek-ojek ini akan memberikan tarif normal karena juga di bawah koordinir BUMDes yang mengelola Pantai Ratu Sigindo Kuning.

Jika ingin berolahraga sambil jalan santai, bisa juga berjalan kaki, hitung-hitung mencari keringat.

BACA JUGA:Mahasiswi UI Dilecehkan Anak SMP di Kampus Depok

Menarik, untuk sampai ke Pantai Ratu Sigindo Kuning kita akan disuguhi dengan pemandangan kawasan penduduk setempat dan area persawahan.

Jika sudah sampai di Pantai Ratu Sigindo Kuning, kita akan menemukan suasana yang benar-benar menarik, benar-benar serasa berada di Bali.

“Kesibukan di pantai ini benar-benar mirip di Bali, banyak orang yang duduk-duduk santai di pinggir pantai, sibuk berfoto-foto, kumpul dengan keluarga sambil bersenda gurau,” ujar Nur lagi.


Pantai Ratu Sigindo Kuning Kerinci-Foto: Istimewa-

Karena ini adalah Kabupaten Kerinci, tentu saja background foto yang dihasilkan juga sangat menawan, selain Danau Kerinci, juga akan ada deretan bukit barisan yang menjadi pemandangan di ujung Danau.

Jika beruntung, maka akan terlihat awan biru yang ikut memantul ke permukaan Danau Kerinci.

“Objek wisata Pantai Ratu Sigindo Kuning Seleman juga menyediakan pernak pernik liburan sewaan dengan harga terjangkau,” tulis Nur lagi.

Ada kursi pantai minimalis, tikar, dan   sofa angin beraneka warna, bahkan bagi yang punya hobi selfie, dan untuk mencapai hasil yang bagus,  juga tersedia sewaan tongsis tripod HP.

Tidak hanya itu. Jika ingin menikmati  indahnya suasana  alam di tengah danau, anda dapat berselancar dengan menyewa perahu karet dan perahu angsa.

Tak perlu  khawatir akan kesalamatan diri anda. Sebab, saat berlayar semua penumpang dilengkapi  dengan rompi apung dan juga petugas yang siap memantau.

Di area Pantai Ratu Sigindo Kuning, berjejeran pula lapak-lapak penjual jajanan. Mulai camilan ringan,  makanan siap saji, sampai ke kuliner tradisional.

Seperti jagung rebus, kelapa muda dan lain sebagainya. Nasgor, soto, teh dan kopi hangat juga tersedia. Harganya pun tidak mahal-mahal amat. Masih berkisar pada angka di pasaran.


Suasana Pantai Ratu Sigindo Kuning-Foto: Istimewa-

Enaknya, makanan/minuman yang anda beli boleh diantar atau dibawa sendiri  ke tempat di mana anda duduk, ala cafe outdoor. Pokoknya anda bisa mencicipi bagaimana rasanya bergaya elit miskipun hanya sekejap.

Di sekitar bibir Pantai Ratu Sigindo Kuning airnya relatif dangkal. Kondisi  tersebut  adalah syorga bagi anak-anak untuk mandi berenang sambil berkejar-kejaran bersama teman sebaya.

Berapa harga tiket masuknya? Ternyata wisatawan yang datang  ke Pantai Ratu Sigindo Kuning tidak dikenakan biaya, alias gratis. Cukup membayar parkir Rp 5 ribu untuk satu motor.

Namun jika penumpangnya 2 orang dikenakan tarif Rp 10 ribu. Nilai ini sebanding dengan sambutan petugasnya yang ramah dan bersahabat.

Tanpa bayaran, semua pengunjung bisa mendapat pengalaman indah yang tak terlupakan seumur hidupnya. Bagaimana, berniat mencoba? (***)

Beberapa Materi dikutip dari: CelotehNur54

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: