Riau Semakin Terdepan, Penlok Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Selesai

  Riau Semakin Terdepan, Penlok Jalan Tol Pekanbaru-Rengat Selesai

Jalan tol trans Sumatera (JTTS) semakin bergeliat--

PEKANBARU, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Provinsi Riau semakin terdepan dalam urusan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera.

Terbaru, Pemerintah Riau sudah melakukan penetapan lokasi (Penlok) untuk jalan tol Ruas Pekanaru-Rengat.

Untuk ruas jalan sepanjang 175 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) nantinya akan dikoneksikan dengan jalan tol Pekanbaru-Padang, Sumatera Barat.

Asisten II Sekretariat daerah provinsi Riau M Job Kurniawan mengatakan, dalam perencanaan penetapan lokasi ruas jalan tol Pekanbaru-Rengat sempat mengalami kendala, karena ruas jalan yang akan dibangun melewati jaringan sutet, helipad, pondok pesantren dan kawasan budidaya perikanan. 

"Tapi itu sudah digeser trasenya dan diperbaiki, kemudian sudah diukur oleh satker Badan Pertanahan Nasional (BPN). Alhamdulillah saat ini Penlok sudah selesai," ujarnya seperti dikutip dari media center Pemprov Riau.

Dijelaskannya, jalan tol Pekanbaru-Rengat ini nantinya akan bisa dikoneksikan dengan tol ruas Pekanbaru-Padang. Dimana ruas tol Pekanbaru-Padang ini akan jadi sayap JTTS.

"Selain itu, nantinya juga akan ada koneksi ke jalan tol Pekanbaru-Dumai. Koneksi tersebut saat ini juga masih dalam proses," sebutnya.

Sementara itu, untuk pengerjaan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang hingga saat ini masih terus dikerjakan, terutama dibagian pintu tol. Meskipun jalan tol ini sudah bisa dilalui, namun masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan (PUPR PKPP) Riau Arief Setiawan mengatakan, proses pembangunan di pintu tol Pekanbaru-Bangkinang masih berlanjut. Pasalnya, ada beberapa lahan yang belum selesai ganti rugi.

"Masih ada yang belum di ganti rugi, tapi itupun masih tahap persiapan ganti rugi lahan," katanya. 

Sementara itu, kehadiran jalan Tol Pekanbaru - Dumai selain memperlancar ekspor dan impor baik ke Pelabuhan Dumai maupun Pekanbaru yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional, juga mendukung perjalanan ke luar negeri tepatnya ke negara Malaysia

Dari Kota Pekanbaru pengendara bisa langsung menuju ke Kota Dumai dengan melewati Jalan Tol Pekanbaru - Dumai kurang lebih dapat ditempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan dengan kecepatan 80 Km/Jam.

Kemudian pengendara dapat keluar menuju Gerbang Tol Dumai dan langsung mengambil jalan ke Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai sekitar 30 menit perjalanan.

Pengendara yang akan berwisata ke Negeri Jiran tersebut wajib membawa kelengkapan dokumen perjalanan seperti Paspor. Kendaraan dapat diparkir di Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai ya sobat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: