Ini Dia Taksi Terbang Alat Transportasi IKN yang Akan Uji Coba 2024

Ini Dia Taksi Terbang Alat Transportasi IKN yang Akan Uji Coba 2024

Ilustrasi Taksi Terbang keluaran Hyundai--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Taksi Terbang, ini bukan film namun ini adalah rencana nyata dan akan dioperasikan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, Taksi Terbang ini akan mulai diuji coba tahun 2024 mendatang.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otoritas IKN, Mohammed Ali Berawi, seperti dikutip dari Antara, mengatakan uji coba Taksi Terbang akan dilakukan sebelum HUT RI tahun 2024.

Untuk itu, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan mempersiapkan banyak hal untuk uji coba Taksi Terbang ini.

Salah satunya adalah landasan Taksi Terbang atau helipad yang akan menunjang operasionalnya.
 
Lanjut Ali, semua harus proof of concept, dimana teknologi Taksi Terbang ini harus dibuktikan keandalan dan teknologinya, bagus atau tidak.

Operasional Taksi Terbang ini nantinya juga akan didukung oleh kendaraan darat otonom yang bisa membawa calon penumpang Taksi Terbang menuju helipad.

Kendaraan itu adalah mobil elektrik atau mobil listrik, sehingga Taksi Terbang nanti akan menjadi Intelligent Transport System (ITS) yang bisa digunakan hanya dengan satu aplikasi.

"IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik dan seterusnya," lanjut Ali lagi.
Lantas bagaimana profil Taksi Terbang ini dan siapa yang akan memproduksi? Kata Ali Taksi Terbang ini sekarang masih dalam taraf pengembangan.

Harapannya, teknologi transportasi ini diharapkan bisa ikut dikuasai oleh SDM di Indonesia dan perusahaan nasional yang kini telah diajak kerja sama dalam mengembangkan Taksi Terbang bisa semakin mengembangkan kekuatannya untuk menguasai teknologi Taksi Terbang ini.

Menurut Ali, rencana penerapan Taksi Terbang merupakan momentum yang mungkin hanya bisa diperoleh melalui pembangunan IKN dan ini harus dimanfaatkan dengan baik.

"Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia. Ini yang saya sebut sebagai nilai tambah," lanjut Ali lagi.

Adapun perusahaan yang akan mengembangkan dan akan uji coba Taksi Terbang di IKN adalah Hyundai Motor Group.

Taksi Terbang di IKN nantinya mirip pesawat tanpa awak atau mirip drone yang membawa penumpang dan juga bisa membawa barang.

Namun kata Ali, teknologi mobil terbang ini belum diproduksi dalam jumlah banyak atau massal karena masih membutuhkan tahapan pengembangan lebih lanjut. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: