Kim Jong Un Pulang Kampung Naik Kereta Api ‘Lelet’

Kim Jong Un Pulang Kampung Naik Kereta Api ‘Lelet’

Kim Jong Un naik kereta api anti peluru bernama Kereta Api Taeyangho, Kim bertolak dari Rusia pulang ke kampungnya Korea Utara dengan waktu perjalanan 20 hingga 23 jam-Dok Jawa Pos-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akhirnya pulang kampung setelah seminggu berkunjung ke negara Rusia.

Kim dilaporkan mudik ke kampung halamannya, Minggu 17 September 2023 masih menggunakan kereta api lelet alias kereta api lambat yang terbuat dari baja anti peluru.

kereta api lelet ini pula yang digunakan Kim saat datang ke Rusia seminggu lalu.

kereta api yang digunakan Kim ini memang menarik perhatian dunia.

Apa yang dilakukan Kim ini dianggap banyak pihak, terlalu kuno di tengah zaman teknologi pesawat untuk seorang kepala negara banyak diciptakan.

Kenapa kereta api milik Korut itu sangat lelet? Karena waktu perjalanan yang ditempuh Kim, dari  perbatasan Korut dan Stasiun Khasan di perbatasan Rusia, ditempuh dengan waktu 20 hingga 23  jam.

Padahal jarak antar keduanya hanyalah sekitar 1.180 km, namun harus ditempuh dengan kecepatan sekitar 50 km/jam.

Hanya sebagai pembanding, sebuah kereta api kecepatan tinggi buatan London, itu bisa menempuh jarak 200 km per jam. Juga ada kereta api Shinkansen di Jepang itu bisa menempuh jarak 320 km per jam.

Nama kereta api lelet Kim ini adalah Kereta Api Taeyangho, makna kata Taeyangho cukup dalam, diibaratkan sebagai matahari, dimana sosok matahari itu juga menggambarkan pendiri negara Korea Utara, Kim Il Sung, kakek Kim Jong Un.

Perjalanan Kim Jong Un dari wilayah Korea Utara hingga ke perbatasan Rusia juga menggunakan jaringan rel yang kuno.

Kepastian Kim pulang kembali ke kampungnya Korut, juga ditayangkan di sebuah video kantor berita pemerintah Rusia RIA.

Dalam video itu tampak Kim masuk ke gerbong melalui karpet merah di Kota Artyom wilayah Rusia bagian Timur Jauh.

Bunyi band militer pun mengiringi keberangkatan Kim pulang kampung.

Kim melaju naik kereta anti-peluru yang di dalamnya dikabarnya dilengkapi fasilitas yang lengkap.

Kereta Lelet Kim memiliki restoran dengan fasilitas menu kelas atas, mulai dari anggur perancis, menu seafood lobster segar dan berbagai fasilitas beristirahat lainnya.

Sebenarnya bukan hal aneh naik kereta api bepergian jauh bagi keluarga Kim.

Karena dulu, kakeknya Kim Il-sung dulu juga pernah naik kereta api saat lawatan ke Vietnam dan Eropa Timur.

Tak hanya kakeknya, ayah Kim Jong Un, pemimpin Korut sebelumnya Kim Jong II juga suka naik kereta api kemanapun pergi karena alasan takut terbang.

Kim Jong Il pernah pula melakukan perjalanan hingga 10 hari lamanya hanya untuk  ke Moskow pada tahun 2001, dalam rangka kunjungan kerja, juga untuk bertemu Putin.

Tentu saja kereta api mereka, tak melaju begitu saja, namun sepanjang perjalanan dijaga ketat oleh pihak keamanan Korut.

Bahkan sebelum melaju, dilacak dulu semua rute yang akan ditempuh, agar terbebas dari terror bom dan juga bebas dari ancaman-ancaman yang berbahaya lainnya.

Apakah saat berita ini diturunkan Kim Jong Un sudah sampai di kampung halamannya? Belum ada informasi terbaru yang diterima media atas perjalanan tersebut. Kita tunggu saja. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: