Warga Desa Sebapo Dapat Bantuan Air Bersih dari Polda Jambi

Warga Desa Sebapo Dapat Bantuan Air Bersih dari Polda Jambi

Kapolda Jambi Irjen pol Rusdi Hartato saat menyerahkan bantuan air bersih di Desa Sebapo-Rio/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Polda Jambi kembali salurkan bantuan air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Desa Sebapo kecamatan Mestong kabupaten Muaro Jambi, pada Selasa (12/9).

Warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, karena sumur telah lama kering akibat kemarau yang telah terjadi.

Menurut Basriah warga RT 04 desa Sebapo, kemarau yang terjadi melanda sumber air yang mereka gunakan untuk mencuci dan memasak itu berangsur-angsur kering sejak satu bulan terakhir.

"Walaupun ada hujan beberapa hari kemarin tapi belum bisa menutupi kekeringan," kata Basriah warga RT 04 desa Sebapo, Selasa (12/9).

Sebelum adanya penyaluran air bersih dari Polda Jambi, masyarakat menutupi kekurangan air dengan membeli dan mengambil air sungai Sebapo yang dirasa cukup jauh dari rumah.
 
"Ambil air di sungai pakai ember, pakai derijen air sungai juga sedikit untuk digunakan cuci piring dan nyuci pakaian. Kalau masak pakai air sumur yang semakin sedikit," sebutnya.

Kali ini Polda Jambi, menurunkan 4 unit kendaraan taktis Polri dikerahkan untuk menyalurkan air bersih di sejumlah desa di kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi yang mengalami kekeringan akibat kemarau satu bulan terakhir.

Kapolda Jambi Irjen pol Rusdi Hartato mengatakan, di beberapa daerah di provinsi Jambi telah mengalami kekeringan akibat kemarau. Salah satunya di kecamatan Mestong telah mengalami kekeringan.

"Kami membawa kendaraan taktis yang kami isi air bersih agar bisa membantu masyarakat di kecamatan Mestong yang sedang mengalami kekurangan air bersih dampak musim kemarau," kata Rusdi, Selasa (12/9).

Lanjut Rusdi, hari ini 4 unit kendaraan taktis yang membawa air bersih untuk membantu masyarakat tersebut membawa 24 ribu liter air dan besok  pihaknya akan menambah armada di kepolisianan agar semakin banyak. Agar masyarakat yang telah merasakan dampak kemarau dan sumur-sumur warga telah mengalami kekeringan dapat terbantu.

"Mudahan dengan kedatangan kami yang berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan bisa mengurangi kesulitan masyarakat terhadap air bersih," lanjunya.

Ditambahkan Rusdi, Bhabinkamtibmas bersama kepala desa terus melakukan kordinasi dan mengupdate warga yang mengalami kekeringan air bersih. Dengan data tersebut, pihak kepolisian mendatangi untuk memberikan bantuan menggunakan kendaraan taktis.

"Hari ini kita ke Mestong dan masuk ke desa-desa nanti kita akan mengupdate lagi daerah mana yang kekurangan dan besok akan kita kirim lagi. Mudah-mudahan dengan jumlah yang lebih besar lagi dibandingkan hari ini," tutupnya.(Raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: