Progres Pembangunan Exit Tol Kayu Tanam di Ujung Tol Padang-Sicincin

Progres Pembangunan Exit Tol Kayu Tanam di Ujung Tol Padang-Sicincin

Kondisi trase jalan Exit Tol Kayu Tanam di Ujung Tol Padang-Sicincin di STA 36-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Exit Tol Kayu Tanam di ujung Tol Padang-Sicincin kini terus berprogres, menarik karena di lokasi exit tol ini ternyata menyimpan pemandangan yang rancak bana.

Mengintip progres Exit Tol STA 36 Kayu Tanam melalui akun Youtube Minang Yes, terlihat trase jalan sudah memasuki tahap pondasi perkerasan.

Jalan yang dulunya merupakan jalur menuju gerbang Tarok City Kayu Tanam Kepalo Ilalang, kini telah bersih dan telah mulai ditimbun pondasi perkerasan.

Menelusuri jalur ini mata kita akan disuguhi dengan pemandangan pegunungan yang rancak dan indah.

Jadi bisa dibayangkan, jika nanti kita melakukan perjalanan dari Kota Padang ke Sicincin, maka saat keluar dari tol ini kita bisa sekaligus menikmati pemandangan ini.

Exit Tol Kayu Tanam STA 36 ujung Tol Padang-Sicincin ini nantinya akan berakhir dio Gerbang Tarok City.

Gerbang Tarok City memang terpilih jadi pintu keluar dan masuk Tol Padang-Sicincin di sisi bagian Padang Pariaman.

Gerbang Tarok City inilah nantinya yang akan membawa pengendara keluar dari Exit Tol Kayu Tanam.

Gerbang Tarok City sendiri berada tepat di pinggir jalan lintas Sumatera Padang-Bukittinggi. Tepatnya di wilayah Korong Tarok Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x11 Kayu Tanam.

Jika kita melakukan perjalanan dari Padang ke Sicincin, maka pengendatra akan keluar melalui Gerbang Tarok City.

Nah dari gerbang tarok City inilah pengguna tol bisa melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi melalui jalan lintas Sumatera menuju utara, sementara bagi yang ingin kembali berbalik arah ke Padang via bisa lanjutkan perjalanan ke arah Selatan.  

Melalui Gerbang Tarok City ini pula, nantinya akan membawa pengendara dari arah Bukittinggi yang hendak ke Padang masuk ke gerbang Tol Sicincin.

Menarik, ketika menelusuri lokasi Gerbang Tarok City melalui video yang ditayangkan Youtube Minang Yes, rupanya  di tengah pintu gerbang ini terdapat beberapa kuburan.

“Apakah akan dibongkar makam tersebut, kita juga kurang tahu pasti,” ujar admin Youtube Minang Yes.

Menurut Wagub Sumbar Audy Joinaldy, exit Tol Padang-Sicincin ada dua, pertama Exit Tol STA 19 di Lubuk Alung dan kedua Exit Tol STA STA 35+900 di Kayu Tanam Tarok City, keduanya sama-sama berada di Kabupaten Padang Pariaman.

”Awalnya tadi cuma satu exit tol tapi kita bermohon (ke Hutama Karya). kalau gak kan terlalu ke ujung dan juga kan buat efek ekonomi, akhirnya disetujui exit tol Lubuk Alung,” ujar Joinaldy yang juga Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Provinsi Sumbar.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumbar ini juga akan memiliki gerbang di STA 0 Kota Padang yang lokasinya tak jauh dari Bandara Minangkabau.
 
Mari kita intip lokasi gerbang Tol Padang. Hendak ke sini pengendara harus melewati flyover di Nagari Duku Batang Anai. Tak terlalu jauh, jarak dari flyover ini ke Gerbang Tol Padang-Pekanbaru hanya sekitar 1 kilometer.
 
Pintu Gerbang Tol Padang-Pekanbaru ini nantinya akan berada di jalan bypass Kota Padang.
 
Sungguh rancak bana juga, ketika berada tepat di depan gerbang tol, pengendara dan penumpangnya akan langsung disuguhkan pemandangan perbukitan.

Gerbang Tol Padang-Pekanbaru ini juga menjadi titik awal pembangunan jalan tol seksi 1 Tol Padang-Sicincin.

Gerbang Padang-Pekanbaru menjadi pintu masuk dan keluar para pengendara yang datang dari arah Pekanbaru, Bangkinang, Pangkalan, Payakumbuh dan dari arah Bukittinggi hingga Sicincin sampai di Kota padang.

Tol Padang-Sicincin  dibangun sejak 20 Desember 2018 lalu. Jalan tol ini dilengkapi dengan main road sepanjang 36 kilometer dan direncanakan memiliki 1 rest area.

Tol Padang-Sicincin konstruksinya terus dikebut oleh pihak Hutama Karya selaku pengembang yang ditunjuk pemerintah oleh proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).
 
Direktur Operasi III Koentjoro dalam keterangan resminya dikutip Jambi Ekspres, menyampaikan implementasi digitalisasi konstruksi diterapkan pada perbaikan tanah lunak maupun perlindungan lereng galian dalam yang terdapat di trase Tol Padang-Sicincin.
 
Tol Padang-Sicincin juga akan jadi jalan tol paling indah dan estetik nantinya karena menyuguhkan pesona perbukitan nan indah.
 
Apalagi dalam membangun ruas tol ini, Hutama Karya mengusung konsep konstruksi berwawasan lingkungan. Akan dilakukan penghijauan di sisi kiri dan kanan sepanjang jalan tol Padang-Sicincin.
 
Pembangunan Tol Padang-Sicincin juga akan terus dikebut, Hutama Karya telah menargetkan Tol Padang-Sicincin ini akan selesai pada triwulan II tahun 2024 mendatang atau harus sudah bisa digunakan sebelum Lebaran 2024. (dpc)




 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: