>

Dua Hari Lagi Pembukaan Jalan Tol Probolinggo-Gending Berakhir, Diresmikan Pertengahan September?

Dua Hari Lagi Pembukaan Jalan Tol Probolinggo-Gending Berakhir, Diresmikan Pertengahan September?

Saat ini Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo Seksi 4A ruas Probolinggo Timur - Gending sepanjang 8,55 Km dibuka secara fungsional selama 24 jam dan belum bertarif sampai 4 September 2023 Pukul 06.00 WIB nanti.--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pembukaan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A ruas Probolinggo Timur-Gending berakhir 4 September 2023 Pukul 06.00 WIB.

Artinya tinggal 2 hari lagi jalan sepanjang 8,55 Km dibuka selanjutnya kembali ditutup atau menunggu diresmikan sepenuhnya. Info terbaru jalan tol seksi 4A ini akan diresmikan pertengahan September 2023.

Untuk diketahui, seksi 4A tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo yang seluruhnya memiliki total panjang 39,85 Km dan terdiri dari 4 seksi yaitu, Seksi 1 Grati - Tongas sepanjang 13,50 Km, Seksi 2 Tongas - Probolinggo Barat sepanjang 6,90 Km, Seksi 3 Probolinggo Barat - Probolinggo Timur sepanjang 10,90 Km, ketiga seksi tersebut telah beroperasi sejak tahun 2019.

Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo memberikan peran penting membantu kelancaran konektivitas warga Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, serta Malang dan sekitarnya.

Jalan Tol ini merupakan salah satu ruas utama dari Jalan Tol Trans Jawa yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, pariwisata, bandara dan pelabuhan di wilayah Jawa Timur.

Selain mendukung kelancaran konektivitas berkendara antar wilayah, Jalan Tol Paspro juga menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan-Probolinggo sekitar 50-60% serta menjadi akses alternatif jalur wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru.

Sementara itu, jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) sepanjang 175,4 km di Jawa Timur merupakan bagian akhir dari proyek tol Trans Jawa .

Proyek pembangunan jalan tol Probowangi terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama menghubungkan Probolinggo ke Besuki.

Tahap kedua dari proyek jalan tol Probowangi di Jawa Timur menghubungkan wilayah Besuki ke Banyuwangi.

Fase awal proyek jalan tol Probolinggo-Besuki telah diupayakan untuk menghadirkan tiga titik simpang susun (SS) sebagai bagian dari perencanaan awal, yakni SS Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki.

Selain itu, dibangun pula dua area istirahat (rest area) yang terletak di Sta 33+65 dalam kedua arah baik menuju Probolinggo maupun arah Besuki.

Tol Probowangi memiliki tiga gerbang tol yang akan memainkan peran penting dalam sistem tol tersebut, yaitu Gerbang Tol Kraksaan (GT Kraksaan), Gerbang Tol Paiton (GT Paiton), dan Gerbang Tol Besuki (GT Besuki).

Exit tol Paiton terletak berdekatan dengan wilayah Paiton dan memberikan akses yang strategis ke daerah industri dan pesisir yang terkenal karena adanya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton.

Exit tol ini juga menjadi titik penting dalam jaringan exit Tol Probowangi karena akses yang diberikan ketika keluar menuju ke daerah industri dan pesisir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: