10 Pesan HK di Hari Pertama ‘Kulu-Kilir’ Naik Tol Simpang Indralaya-Prabumulih

10 Pesan HK di Hari Pertama ‘Kulu-Kilir’ Naik Tol Simpang Indralaya-Prabumulih

Tol Indralaya-Prabumulih melewati Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih-Dok Hutama Karya-

SUMSEL, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Hari pertama ‘Kulu-kilir’ alias lalu lalang naik Tol Simpang Indralaya – Prabumulih, Rabu 30 Agustus 2023, Hutama Karya (HK) melalui Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya dalam keterangan resminya, memberi 10 pesan untuk semua pengguna Tol.

Pesan pertama, HK menyampaikan bahwa Tol Simpang Indralaya – Prabumulih memiliki Panjang 63,5 Km, artinya untuk menempuh ruas Tol ini dengan kecepatan standar 80 Km per jam, pengendara hanya akan menghabiskan waktu waktu 45 menit perjalanan.

Pesan kedua, HK mulai membuka gerbang untuk masyarakat umum sekitar pukul 08.00 pagi, artinya bagi masyarakat yang hendak berkendara di waktu ini harap bisa datang lebih awal agar tidak terimbas antrian kendaraan lain.

Pesan ketiga, naik Tol Simpang Indralaya – Prabumulih masih dikenaklan tarif 0 rupiah alias gratis, namun demikian untuk melintas di ruas Tol ini, pengendara dihimbau agar tetap melakukan tapping kartu uang elektronik dan pastikan kartu elektronik dibawa.

Berkaca dari masa operasional Tol Indralaya-Prabumulih secara fungsional pada momen mudik Lebaran (15/4), banyak pengendara yang tidak membawa kartu Tol.

Akibatnya terjadi penumpukan kendaraan sehingga terjadi macet di gerbang Tol.  

Ketika itu pengguna Tol Indralaya-Prabumulih mengira saat gratis, maka tidak memerlukan kartu Tol, padahal meski gratis kita tetap harus menggunakan kartu Tol.

HK menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan Tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang Tol.

Pesan keempat, HK menginformasikan bahwa ruas Tol ini memiliki dua rest area yang berada di KM 65 Jalur A & B. Jadi jika hendak beristirahat bisa gunakan rest area ini. Rest area yang tersedia juga telah sesuai dengan  Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan Tol.

Pesan kelima, HK mengatakan bahwa Tol Simpang Indralaya – Prabumulih sudah pernah beroperasi secara fungsional saat momen Mudik Lebaran 2023 lalu, dan ketika itu Tol ini sudah dilalui oleh lebih dari 83 ribu kendaraan tanpa ada satu pun kecelakaan.

Harapan HK zero kecelakaan juga hendaknya terus bertahan hingga waktu selamanya sejak mulai dibuka hari ini, jadi tetaplah berkendara dengan hati-hati, utamakan keselamatan.

Pesan keenam, HK menghimbau bagi pengendara yang lupa untuk mengisi saldo kartu Uang Elektronik (UE), dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Pastikan saja saldo tersedia meskipun menggunakan Tol ini masih akan gratis, karena untuk melanjutkan perjalanan ke ruas berikutnya, tentu saja saldo masih akan sangat dibutuhkan.

Pesan ketujuh, pengguna jalan Tol dihimbau agar dapat berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan dan ini juga tercantum dalam rambu-rambu yang tersedia di berbagai titik dan juga jangan menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Pesan kedelapan, HK meminta pengendara segera beristirahat jika mengantuk dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Pesan kesembilan, HK menghimbau apabila pengguna jalan Tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan Tol agar segera melapor ke Call Centre masing-masing ruas Tol.

Pesan kesepuluh, jadilah pengguna Tol yang bijak, selalu menjadikan keselamatan di atas segalanya.

Selamat menikmati akses ruas Tol Simpang Indralaya – Prabumulih semoga semakin memberi manfaat untuk kita semua. (dpc)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: