Putin Rilis Survei Calon Bupati Merangin, Ini Hasilnya

Putin Rilis Survei Calon Bupati Merangin, Ini Hasilnya

Pilkada 2024--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Lembaga Riset Sosial Politik Public Trust Institute (PUTIN) merilis hasil survei menjelang Pilkada Merangin 2024. Survei ini dilakukan pada tanggal 07-14 Agustus 2023 melalui wawancara tatap muka terhadap 600 responden terpilih di seluruh wilayah Kabupaten Merangin.

Direktur Eksekutif PUTIN, Pahrudin mengatakan bahwa survei ini dilakukan dengan margin of error 4 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Kemudian penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Pahrudin menjelaskan, berdasarkan hasil survei, Pitin menempatkan M Syukur sebagai kandidar dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitas tertinggi. Anggota DPD RI itu berada pada angka 38,30 persen.

“Hasil riset kita menemukan M Syukur sebagai kandidat dengan elektabilitas tertinggi yakni 38,30 persen,” ujarnya, Selasa (29/8) kemarin. 

Disamping itu ada juga nama-nama lain dengan elektabilitas yang mengemuka. Pertama ada Nalim 20 persen, Fajarman 7,20 persen, Herman Efendi 4,20 persen.

Menariknya justru nama Wabup Merangin Nilwan Yahya mendapatkan 3,80 persen. “Ada juga nama Muzakir  dengan 3,20 persen,” sebutnya.

Sedangkan nama-nama lainnya memperoleh angka di bawah 3 persen dan yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebanyak 6,40 persen.

Menurutnya, data survei ini menunjukkan bahwa M Syukur berpeluang besar 48,50 persen kembali terpilih sebagai anggota DPD-RI Dapil Jambi pada Pemilu 2024. Sedangkan nama-nama calon anggota DPD-RI lainnya paling tinggi memperoleh 9,30 persen. 

“Data ini menunjukkan bahwa M Syukur merupakan kandidat terkuat yang akan menjadi Bupati Merangin. Ia juga menjadi figur yang paling diinginkan masyarakat untuk memimpin kedepan,” katanya. 

Sementara itu, Burlian Senjaya yang juga merupakan peneliti Putin mengatakan bahwa data ini sekaligus mengonfirmasi bahwa M Syukur sukses menanamkan citra positifnya di tengah-tengah masyarakat. Terlebih melalui berbagai kiprahnya menjadi Senator asal Jambi.

“Syukur juga diharapkan memimpin karena memiliki modal pengetahuan dan pengalamannya selama ini,” pungkasnya. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: