Pengecekan Skor Kredit Lebih Mudah dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK

Pengecekan Skor Kredit Lebih Mudah dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK

Ilustrasi Credit Score--

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Maraknya kasus anak muda yang tidak diterima bekerja akibat pengecekan skor kredit rendah, semakin banyak orang yang melakukan pengecekan mandiri pada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK, sebelumnya dikenal sebagai BI Checking.

OJK memutuskan untuk mengganti nama sistem ini guna memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai fungsinya. Fenomena ini muncul setelah OJK mencatat bahwa banyak anak muda mengalami kendala dalam mengajukan kredit atau mendapatkan pekerjaan akibat skor kredit yang terganggu oleh tunggakan pinjaman online (pinjol) dan paylater yang tercatat dalam SLIK.

SLIK, yang dikelola oleh OJK, berperan dalam mendukung tugas pengawasan dan pemberian informasi di bidang keuangan. Data yang terdapat dalam sistem ini membantu untuk menilai kualitas debitur, memastikan proses penyediaan dana yang lebih aman, serta mencegah risiko kredit macet.

Data dalam SLIK juga menjadi faktor penting dalam menilai apakah seorang debitur layak mendapatkan pinjaman atau kredit dari lembaga keuangan seperti bank atau perusahaan leasing.

SLIK juga memiliki manfaat lain, termasuk pengelolaan sumber daya manusia bagi pelapor SLIK, verifikasi kerja sama dengan pihak ketiga, dan peningkatan disiplin di industri keuangan. Masyarakat dapat mengakses layanan ini secara gratis, dan prosesnya bisa dilakukan secara online melalui platform iDebKu OJK.

Untuk melakukan pengecekan SLIK secara online, masyarakat dapat mengikuti beberapa langkah mudah. Pertama, kunjungi laman web https://idebku.ojk.go.id dan lakukan pendaftaran. Setelah masuk ke platform, pengguna dapat mengisi informasi data diri untuk memeriksa ketersediaan layanan.

Informasi yang diperlukan mencakup jenis informasi debitur, jenis identitas, dan nomor identitas. Selanjutnya, unggah dokumen persyaratan yang sesuai dengan jenis debitur, seperti KTP, paspor, NPWP, atau dokumen badan usaha.

Bagi masyarakat yang lebih suka tindakan offline, pemohon dapat mendatangi kantor OJK setempat dengan membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan. SLIK menjadi alat penting bagi masyarakat untuk memahami kondisi keuangan mereka sendiri, serta memberikan kesempatan untuk memperbaiki skor kredit yang mungkin terganggu akibat tunggakan pinjaman online. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: