80 Dosen Pemula UIN STS Jambi Ikuti PKDP PTKIN Kemenag

80 Dosen Pemula UIN STS Jambi Ikuti PKDP PTKIN Kemenag

Peserta PKDP saat melakukan kunjungan ke UIN STS Jambi disambut langsung Rektor UIN STS Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Kementerian Agama kembali menyelenggarakan Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) PTKI Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN STS Jambi. Kegiatan ini diikuti 19 PTKIN dengan 2.500 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi dibawah naungan Kementerian Agama PTAIS 1.600 PKIN 600 dan serta perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha baik negeri maupun swasta.

Kegiatan ini dibuka Dirjen Pendis secara daring dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Selasa (15/8). Sedangkan LPM UIN STS Jambi difokuskan di Hotel BW Luxury Jambi. Dirjen Pendidikan Islam, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT, mengatakan, peran dosen sangat strategis di era disrupsi, baik peran pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, maupun pengabdian kepada masyarakat.

“Pelatihan PKDP menjadi momentum penting mengembangkan empat kompetensi tersebut di era persaingan. Dimana ada empat kompetensi dosen yang harus terus dikembangkan, yaitu: profesional, paedagogik, kepribadian, dan kompetensi social,” jelas Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT.


Kementerian Agama kembali menyelenggarakan Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) PTKI Kementerian Agama--

Kegiatan PKDP secara Nasional dibuka oleh Direktur PTKI Kementerian Agama, Prof. Dr. Ahmad Zainul, M.Ag., yang mengatakan PKDP tahun kedua ini menjadi persyaratan untuk para Dosen mendapatkan Sertifikasi Pendidikan (Serdos).

“Sertifikasi adalah ikthiar akademik untuk memilih Kompetensi Urgensi Emosional seperti kualitas propesionalitas dosen, peningkatan kepemahaman moderasi beragama dan memahami karier yang akan di capai,” kata Prof. Dr. Ahmad Zainul, M.Ag.

Sejalan dengan yang disampaikan Dirjen Pendidikan Islam, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Amin Suyitno mengatakan kegiatan PKDP diselenggarakan dengan skema kerja sama (kolaborasi) antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Badan Litbang dan Diklat l, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). domain pelatihan ada pada Balitbang, sementara peningkatan kapasitas dan kualitas menjadi domain Ditjen Pendidikan Islam. Karenanya perencanaan, materi-materi, pendampingan dan evaluasi dirancang bersama.

 

 

“Kegiatan dilaksanakan Selama 60 hari, dengan pola Service Course para peserta akan diberikan materi-materi pelatihan, yang terdiri dari Perencanaan Pembelajaran, Model-Model Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Prosedur dan Teknik Penyusunan Artikel Ilmiah, Dasar-Dasar Komunikasi Pembelajaran, Media Pembelajaran Era 4.0, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya dan penguatan moderasi beragama,” jelas Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Amin Suyitno.

Peserta PKDP juga melakukan kunjungan ke UIN STS Jambi. Kunjungan ini disambut langsung Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi.,MA.,Ph.D. Rektor UIN STS Jambi sangat mengapresiasi program Kemenag ini dalam menciptakan dosen – dosen dengan kualitas terbaik.

Ketua Panitia PKDP yang juga Wakil Rektor Bidang Akedamik dan Lembaga, Dr. Rafiqoh Ferawati, S.E, M.Ei., memaparkan bagaimana peserta tersebut dipilih sehingga bisa menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Dengan dipercayanya UIN STS Jambi oleh Pendis sebagai pelaksana kegiatan PKDP tentu Ketua LPM UIN Jambi Dr. Dian Mursyidah, M.Ag berharap semua peserta disiplin mengikuti rangkaian kegiatan agar nantinya bisa dinyatakan lulus. Karena PKDP menjadi syarat utama Serdos sayang kalau ada peserta yang Remedial atau tidak lulus dan mengulang dengan biaya mandiri karena kurangnya disiplin dalam mengikuti kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia.

PKDP diisi oleh pemateri-pemateri handal seperti narasumber Nasional dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Badan Litbang Baharudin, Qodriyah, Dr. Ispawati Asri, M.M, Drs. H. Aden Daenuri Fachri, M.Ed kemudian narasumber internal tidak kalah mentereng mereka ahli di bidangnya seperti Prof, Dr. Muhtar, M.Pd, Prof. Martinis, M.Pd, Prof. Su’aidi, M.A. Ph.D, Dr. Rafiqoh Ferawati, M.Ei, Dr. try Susanti, M.Si, Dr. Kholid Musyaddad, Dr. Ilyas Idris, M.Ag, Dr. Dian Mursyidah, M.Ag, Dr. Badarulsamsi, dan Dr. Amirul Mukminin, M.Pd. Dr. Ahmad Syahran, Dr. D.I Asunsa, M.Hum. (uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: