Kwarda Jambi Gelar Peringatan Hari Pramuka ke-62

Kwarda Jambi Gelar Peringatan Hari Pramuka ke-62

Foto bersama usai Upacara Hari Pramuka ke 62 Tahun 2023--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Hari Pramuka ke-62 yang jatuh 14 Agutsus 2023 ini, Kwarda Jambi pun larut dalam kebahagiaan dengan menyelenggarakan kegiatan sosial dan positif lainnya.

Ka. Kwarda Jambi, Kak. H. Sudirman, S.H.,M.H mengatakan dihari Pramuka yang ke-62 pada 14 Agutus 2023, Kwarda Jambi menyelenggarakan Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah, Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62, ziarah ke makam tokoh Pramuka Jambi, pemberian  penghargaan kepada tokoh Pramuka yang telah mengabdikan diri bagi Pramuka di  Provinsi Jambi, melakukan santunan ke panti asuhan dan ditutup pada 15 Agustus 2023 dengan Aksi Pramuka Berbagi  kepada petugas kebersihan jalanan dan Kaum Dhuafa.



Waka KUASP dan Waka Binamuda di dampingi Andalan, staf ziarah ke Makam Kak Alm. Abdurrahman Sayoeti--

“Penghargaan kepada tokoh-tokoh Pramuka yang telah mengabdikan diri bagi Pramuka di Provinsi Jambi, ini merupakan perhatian Kwarda Jambi, bahwa kontribusi mereka tidak kecil dalam upaya membesarkan Gerakan Pramuka,” jelas Ka. Kwarda Jambi, Kak H. Sudirman, S.H.,M.H Senin (14/8) lalu.

Dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62, Pramuka khususnya di Provinsi Jambi bisa lebih baik lagi, dan memberikan sumbangsih yang besar bagi daerah, terutama dalam upaya Kwarda Jambi menciptakan generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan.


Pramuka berbagi kepada petugas penyapu jalan dan kaum dhuafa--

“Kita Kwarda Jambi punya program yang luar biasa, dalam rangka mewujudkan 2.805 Pramuka Garuda. Pramuka Garuda adalah Pramuka prestasi jenjang tertinggi yang ada di Gerakan Pramuka. Karena itu kita berharap 10, 15 hingga 20 tahun yang akan datang, lahir generasi Pramuka yang akan menjadi pemimpin baik itu didaerah, nasional hingga regional yang berasal dari Pramuka Garuda,” jelasnya.

Selain Peringatan Hari Pramuka ke-62, tahun 2023 ini juga merupakan peringatan 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan dibumi Indonesia, yang telah ada sejak tahun 1912 silam. Adapun tema peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 ini adalah Mari kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan. Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada sekarang ini, masih jauh dari yang diharapkan.


Kunjungan kerumah Tokoh Gerakan Pramuka Jambi --

“Disamping itu wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah iar dan semangat bela Negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan harus tetap solid dan menjadi garda terdepan merajut persatuan dan kesatuan,” tandasnya

Untuk diketahui, selain kegiatan donor darah yang telah dilakukan Kwarda Jambi dalam Peringatan Hari Pramuka ke-62, Senin (14/8) juga dilakukan upacara  Hari Pramuka ke-62 dilapangan upacara Kwarda Jambi, dilanjutkan ziarah ke tokoh Pramuka yakni ziarah ke makam alm. Kak Mahmuddin, alm. Kak Asnawi AB, alm Kak H. Zulkifli Nurdin, alm. Kak Lamin Surawan, alm. Kak H. Abdurahman Sayoeti dan alm. Kak Musa. Lalu kunjungan kerumah tokoh Pramuka yakni kunjungan kerumah Kak H.M Hatta, Kak Mahmuddin, kunjungan kerumah keluarga alm. Kak Lamin Surawan, kunjungan kerumah Kak Sri Wahyuni dan kunjungan kerumah Kak Hermanto. Lalu kunjungan ke panti asuhan Al Mahri Kebon Kopi dan kunjungan ke panti asuhan Ibadurahman. Kegiatan rangkan Hari Pramuka dilanjutkan dengan aksi Pramuka Berbagi  bagi penyapu jalanan dan kaum dhuafa

Dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 dihadiri unsur pimpinan Kwarda Jambi, Ka. Pusdiklatda, unsur DKD dan staf Kwarda Jambi serta peserta upacara dari Gudep Siaga, Penggalang dan Penegak yang berada di sekitar lingkungan Kwarda Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: