Tol Solo-Jogja Kelar, Wisata ke Kulonprogo Lebih Dekat Berikut Rekomendasinya

 Tol Solo-Jogja Kelar,  Wisata ke Kulonprogo Lebih Dekat Berikut Rekomendasinya

Jalan Tol Solo-Yogyakarta- YIA Kulon Progo -Sumber : Kementerian PUPR-

YOGYAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Konektivitas antar Provinsi di Pulau Jawa semakin dekat berkat hadirnya jalan tol.

Terbaru,  pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA  Kulonprogo memiliki panjang  91,93 bakal membuat akses dari Jawa Tengah menuju DI Yogyakarta semakin mudah.

Tujuan utama proyek ini untuk meningkatkan konektivitas menuju dan dari Bandara Internasional baru di Kulonprogo, Yogyakarta.

Pengoperasian jalan tol ini dijadwalkan akan dimulai pada bulan Desember 2024.

Konstruksi Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo Seksi 1 sepanjang 42,38 km, dikerjakan oleh kontraktor PT Jogjasolo Marga Makmur dalam dua paket. Paket pertama, yaitu Seksi 1 paket 1.1, menghubungkan ruas Kartasura-Klaten (22,30 km). Sementara itu, Paket 1.2 dari Seksi 1, menghubungkan ruas Klaten-Purwomartani (20,08 km).

Kementerian PUPR tengah melanjutkan pembangunan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulonprogo Seksi II membentang sejauh 23,42 km, dan dibagi menjadi dua paket pembangunan.

Paket 2.1 menghubungkan Purwomartani ke Monjali (9,03 km), sedangkan Paket 2.2 menghubungkan Monjali ke JC. Sleman sepanjang (6,6 km).

Tidak hanya itu, terdapat juga Seksi III yang menghubungkan Sleman ke Purworejo dengan panjang 38,59 km.

Gerbang Exit Tol di Kulon Progo sendiri terdapat 3 bagian yaitu di Sentolo, Wates dan YIA.

Berikut rekomendasi wisata di Kulon Progo sekitar exit tol Kulon Progo  yang memanjakan mata dan instagramable. 

1. Pantai Glagah

 
Sumber : instagram/ @jalanjalankulonprogo--

Pantai ini memiliki pesona alam yang menarik dan merupakan destinasi wisata populer di daerah tersebut. Berlokasi di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan waktu tempuh 15 menit dari bandara NYIA.

Di samping keindahan debur ombaknya terdapat juga Laguna dan Stupa cagar Budaya. Jangan lewatkan juga keindahan sunset yang memukau di sore hari hanya dengan tiket masuk sebesar Rp.6.000,-/orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: