Tol Jogja-Solo dan Tol Probowangi Kelar, Orang Jogja Bisa Nikmati Bebek Bengil di Bali Lebih Mudah dan Hemat

Tol Jogja-Solo dan Tol Probowangi Kelar, Orang Jogja Bisa Nikmati Bebek Bengil di Bali Lebih Mudah dan Hemat

Sumber : Bebek Bengil restaurant--

YOGYAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Jalan-jalan di Bali tak hanya sebatas menikmati pasir pantai dan upacara adat yang kental makna.

Pulau ini juga merangkai cerita lezat melalui ragam kuliner yang menggoda selera dan membangkitkan selera makan, seperti yang terkandung dalam cita rasa bebek bengil.

Perjalanan ke Pulau Bali dari Yogyakarta dapat ditempuh dengan mobil pribadi. Saat ini, opsi paling cepat adalah menggunakan pesawat terbang. Namun, ongkos yang dikeluarkan untuk sekali penerbangan sebesar 1-2 juta/orang dari Bandara YIA dengan durasi penerbangan 1 jam 20 menit. 

Tenang, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati Bebek Bengil di Ubud. Perjalanan dimudahkan dengan pembangunan Tol Trans Jawa yang terbentang dari Merak sampai ke Banyuwangi. 

BACA JUGA: Jalan Tol Solo-Yogyakarta Selesai, Jarak Tempuh Solo-Yogyakarta Hanya 20 menit

BACA JUGA: Progres Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Menteri Basuki Targetkan Pengadaan Lahan Rampung Akhir 2023

Rata-rata waktu tempuh yang dibutuhkan untuk dari Solo ke Probolinggo via tol Trans Jawa adalah 14,5 jam. Pembangunan Tol Jogja-Solo dan Tol Probowangi dapat memangkas waktu perjalanan hingga setengahnya. 

Perjalanan pertama dari Jogja ke Bali akan dipermudah dengan akses Tol NYIA Kulon Progo-Jogja-Solo sepanjang 93,75 km.

Proyek tol tersebut terdiri dari dua bagian utama, yaitu Seksi 1 paket 1.1 (Kartasura-Klaten) sepanjang 22,30 km dan Seksi 1 paket 1.2 (Klaten-Purwomartani) sepanjang 20,08 km. 

Seksi 2 terdiri dari 2 paket: Paket 2.1 (Purwomartani-Monjali) sepanjang 9,43 km, dan Paket 2.2 (Monjali-Gamping) sepanjang 14 km. Sementara itu, terdapat Seksi 3 juga terbagi menjadi 2 paket: Paket 3.1 (Gamping-Wates) sepanjang 17,45 km, dan Paket 3.2 (Wates-Purworejo) sepanjang 13,32 km. 

Saat ini pelaksanaan konstruksi sudah memasuki pengerjaan Seksi 1 dan untuk paket 1.1 menurut pantauan dari laman bpjt.go.id telah berhasil diselesaikan hampir 94,1%.

Untuk jarak tol dari Jogja - Solo sendiri sepanjang 49,29 km dengan 30 menit saja mengurangi waktu perjalanan hingga 2 jam. 

Setelah sampai Solo perjalanan ke Bali akan melewati rute Tol Solo Ngawi (90,12 km), Tol Ngawi - Kertosono (87,05 km), Tol Kertosono - Mojokerto (40,23 km), Tol Mojokerto - Surabaya (36,27 km), Tol Surabaya - Gempol (48,85 km), Tol Gempol - Pasuruan (34,50 km), Tol Pasuruan - Probolinggo (31,30 km), dan Tol Probolinggo - Banyuwangi (175,4 km). 

Saat ini, pengembangan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama menghubungkan Probolinggo ke Besuki dengan jarak 49,68 Km. Tahap II menghubungkan Besuki – Banyuwangi yang saat ini masih dalam proses pembebasan lahan. Nantinya Tahap I pembangunan Probolinggo-Besuki akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT): GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: