Urutan Provinsi dengan Perekonomian Hebat di Sumatera, Juaranya Bukan Riau Bukan Pula Sumsel

 Urutan Provinsi dengan Perekonomian Hebat di Sumatera, Juaranya Bukan Riau Bukan Pula Sumsel

Pertumbuhan ekonomi provinsi di Sumatera-Foto: BPS-

SUMATERA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Terdapat 10 Provinsi di SUMATERA yang perekonomiannya pada Triwulan 2 Tahun 2023 telah dirilis oleh BPS. Dari 10 itu mana Provinsi dengan Perekonomian hebat memiliki peran perekonomian terhadap ekonomi di SUMATERA?

Ternyata bukan Provinsi Riau dan buukan pula Provinsi SUMATERA Selatan (Sumsel). Berikut urutan Provinsi di SUMATERA dengan persentasi penyumbang perekonomian di SUMATERA dari urutan terendah.

10. Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu Bengkulu mengutip dari data Badan Pusat Statistik, memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau SUMATERA sebesar 2,18 persen.

Pada triwulan II-2023 ini ekonomi Bengkulu tumbuh 4,18 Persen (Y-on-Y).

Struktur perekonomian Provinsi Bengkulu triwulan II-2023 didominasi oleh lapangan usaha pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 27,77 persen.


 
9. Kepulauan Bangka Belitung  

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  mengutip dari data Badan Pusat Statistik, memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera yaitu hanya 2,31 persen, di atas Bengkulu.

Pada triwulan II-2023, ekonomi Kepulauan Bangka Belitung tumbuh 5,13 Persen (Y-on-Y).

Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung triwulan II-2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp25,80 triliun dan PDRB atas dasar harga konstan (ADHK) 2010 mencapai Rp15,20 triliun.

Ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung triwulan II-2023 terhadap triwulan II-2022 (y-on-y) tumbuh sebesar 5,13 persen, melambat dibandingkan capaian triwulan II-2022 yang tumbuh sebesar 5,27 persen.

Dari sisi produksi, sebagian besar lapangan usaha tumbuh positif dimana pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib.

Sementara dari sisi pengeluaran, sebagian besar komponen pengeluaran juga mengalami peningkatan dimana laju pertumbuhan tertinggi dialami oleh komponen pengeluaran konsumsi LNPRT.

Ekonomi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung triwulan II-2023 terhadap triwulan sebelumnya (q-to-q) tumbuh sebesar 6,06 persen.

Dari sisi produksi, hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif kecuali lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Sepeda Motor yang justru mengalami kontraksi.



8. Provinsi Aceh

Provinsi Aceh mengutip dari data Badan Pusat Statistik, memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 5,00 persen pada Triwulan II tahun 2023.

Ekonomi Aceh triwulan II-2023 dibandingkan dengan triwulan II-2022 (Y-on-Y) tumbuh 4,37 persen dan tumbuh 5,69 persen tanpa migas.

Sumber Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan 2-2023 tertinggi adalah pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 1,37%.

Aceh juga memiliki potensi pertambangan dan penggalian serta lainnya.



7. Provinsi Jambi

Jambi menyokong 6,52 persen perekonomian di Pulau Sumatera pada Triwulan 2-2023. Ekonomi Jambi saat ini juga tumbuh 4,86 persen secara year-on-year (y-on-y).

Lapangan Usaha Jasa Perusahaan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 15,86 persen.

Dari 15 dari 17 lapangan usaha di provinsi Jambi tumbuh positif pada Triwulan 2-2023 (y-on-y).

Leading sector ekonomi Jambi yaitu Pertanian dan Perdagangan melanjutkan tren positif dan tumbuh mengesankan.

Potensi pertanian dan perkebunan diantaranya sawit, pinang, kopi, kelapa, teh dan lainnya.  Sementara pertambangan diantaranya batu bara, minyak dan gas.



6. Provinsi Sumatera Barat

Provinsi Sumbar mengutip dari data Badan Pusat Statistik, memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 6,97 persen pada Triwulan II tahun 2023. Saat ini ekonomi Sumbar juga tumbuh 5,14 Persen.

Kondisi perekonomian global mulai pulih dibandingkan triwulan II 2022 mengantarkan kondisi perekonomian Sumatera Barat kembali normal sebagai hasil dari stimulus pemerintah yang mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi.

Beberapa potensi Sumbar diantaranya pertanian seperti padi dan jagung, Perdagangan, Transportasi & Pergudangan, konstruksi dan Industri Pengolahan termasuk sawit.



5. Provinsi Kepri

Provinsi Kepri dari data Badan Pusat Statistik, memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 7,30 persen pada Triwulan II tahun 2023. Saat ini ekonomi Kepri juga tumbuh sebesar 5,04 persen.

Perekonomian Kepulauan Riau triwulan II-2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp81,50 triliun dan atas dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp49,16 triliun.

Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan pada triwulan ini didorong oleh kategori Konstruksi dan Komunikasi.

Dari sisi produksi, pertumbuhan ekonomi terutama disebabkan oleh kategori Pertambangan dan Penggalian, sawit dan lainnya.

 


4. Provinsi Lampung

Provinsi Lampung memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 10,28 persen pada Triwulan II tahun 2023. Saat ini ekonomi Lampung juga tumbuh sebesar 8,15 persen.

Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 19,32 persen.

Beberapa potensi Provinsi Lampung diantaranya pertanian seperti tebu, kopi, padi, produksi daging sapi dan kambing, minyak bumi, transportasi dan lainnya.



3. Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumsel memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 14,22 persen pada Triwulan II tahun 2023.

Saat ini ekonomi Sumsel juga tumbuh sebesar 4,57 Persen (q-to-q),

Perekonomian Provinsi Sumatera Selatan berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2023 mencapai Rp 158,88 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 90,59 triliun.

Ekonomi Sumsel ditopang oleh roduksi daging sapi, produksi karet, batubara, pulp, CPO dan Palm Kernel, listrik, hotel, kereta api dan lainnya.



2. Provinsi Riau

Provinsi Riau memiliki peran perekonomian terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 21,91 persen pada Triwulan II tahun 2023. Saat ini ekonomi Riau tumbuh 4,88 Persen (y-on-y).

Riau memiliki potensi sawit, minyak bumi, gas, pulp, dan juga batu bara serta lainnya.



1. Provinsi Sumatera Utara

Provinsi Sumut memiliki peran perekonomian paling besar terhadap perekonomian di Pulau Sumatera sebesar 23,31 persen pada Triwulan II tahun 2023. Saat ini ekonomi Sumut juga tumbuh sebesar 5,19 persen (y-on-y).

Perekonomian Sumatera Utara berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Triwulan II tahun 2023 atas dasar harga berlaku mencapai Rp 260,36 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 149,90 triliun.

Ekonomi Sumatera Utara triwulan II-2023 terhadap triwulan I-2023 mengalami pertumbuhan sebesar 2,88 persen (q-to-q).

Beberapa potensi Sumut diantaranya tebu, perikanan, sawit, padi, kopi,coklat, the, termasuk ayam dan telur ayam dan lainnya.

Juga ditopang oleh industri, perdagangan, jasa Pendidikan, pertambangan dan lainnya.

Jadi bisa disimpulkan, provinsi hebat yang memiliki peran perekonomian paling besar terhadap perekonomian di Pulau Sumatera adalah Provinsi Sumatera Utara.

Struktur ekonomi di Pulau Sumatera secara spasial pada triwulan II tahun 2023 memang didominasi oleh beberapa provinsi.

Provinsi Sumatera Utara memberikan kontribusi paling terhadap PDRB di Pulau Sumatera sebesar 23,31 persen sementara kontribusi terendah adalah Provinsi Bengkulu sebesar 2,18 persen.  (dpc)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: