>

Update Tol Probowangi, Desa Banyuglugur-Situbondo Dibelah, Lokasi Jalan Tol Dekat Rest Area SPBU Utama Raya

Update Tol Probowangi, Desa Banyuglugur-Situbondo Dibelah, Lokasi Jalan Tol Dekat Rest Area SPBU Utama Raya

Lokasi jalan Probowangi di daerah Situbondo dekat dengan SPBU Utama Raya yang juga dekat dengan Pantai Utama Raya-IG Wisata Situbondo-

SITUBONDO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Update terbaru jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) semakin kelihatan.

Berdasarkan Pantauan terkini dari video youtube Teknisi Nomer21, pembangunan tahap pertama jalan tol Probolinggo-Besuki sebagian sudah memasuki desa Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Untuk pembangunan jalan tol Probowangi khususnya tahap I dari Probolinggo-Besuki sepanjang 49,68 Km ini sudah membelah Desa Banyuglugur. 

Dari pantauan channel youtube Teknisi Nomer21 juga sudah kelihatan jalan tol yang berlokasi di Desa Banyuglugur yang berupa land clearing yang berlokasi dekat dengan SMPN 2 Banyuglugur.

BACA JUGA:Tol Probowangi Selesai, Warga Solo Ngga Perlu Beli Tiket Mahal untuk Makan Malam di Jimbaran-Bali

Selain itu, jalan tol  Probowangi ini lokasinya tidak jauh dengan jalan arteri pantura yang selama ini menjadi urat nadi perekonomian di wilayah timur Provinsi Jawa  Timur.

Jalan tol Probowangi juga lokasinya tidak jauh dengan SPBU Utama Raya. Sekedar informasi SPBU Utama Raya merupakan salah satu SPBU terbaik di wilayah Jawa Timur khususnya di wilayah Timur.

SPBU Utama yang dilengkapi rest area selalu menjadi tempat istirahat jika dalam perjalanan ke arah timur Jawa (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso) maupun ke Bali selalu mampir di tempat ini.

Rest area yang pas untuk melepas lelah dalam perjalanan ke lokasi-lokasi tersebut. Tempat yang awalnya hanya SPBU, kemudian semakin berkembang dengan penambahan resto, hotel, kemudian yang terakhir adalah villa & cafe pantai.

Untuk menuju cafe pantai yang berada persis di tepi pantai ini bisa menggunakan golf cart dari SPBU. Bahkan, dari cafe pantai  ini bisa melihat PLTU Paiton.

Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap pembangunan yaitu Tahap I, menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 Km, dan Tahap II, menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 Km.

Hal ini sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada Ruas Probolinggo-Besuki dengan hak konsesi selama 50 tahun dan investasi sebesar Rp10,8 triliun.

Direktur Utama PT JPB, Adi Prasetyanto, yang didampingi Pemimpin Proyek Paket 1 & 2, Eva Dayana, dan Pemimpin Proyek Paket 3, Reza Kazhimi,  dalam kunjungan kerja Komisaris dan Direksi Jasa Marga pada Sabtu (22/07) lalu, memaparkan pembangunan Tahap I ini terbagi atas 3 paket pekerjaan konstruksi.

Hingga pertengahan Juli 2023, progres pembebasan lahan untuk Paket 1 Gending s.d Kraksaan (12,88 Km) adalah sebesar 92,57%, Paket 2 Kraksaan s.d Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77% dan Paket 3 Paiton s.d Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: