Catat Investasi Rp 6,7 Triliun, Realisasi Investasi Provinsi Jambi Semester Satu 2023

Catat Investasi Rp 6,7 Triliun, Realisasi Investasi Provinsi Jambi Semester Satu 2023

ilustrasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Realisasi investasi di Provinsi Jambi untuk Semester Satu tahun 2023 tercatat Rp 6,7 Triliun.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi menjelaskan capaian realiasi itu berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Kepala DPMPTSP Provinsi Jambi Donny Iskandar mengatakan, realisasi investasi di Jambi sudah melampaui target yang ditetapkan dalam RPJM Provinsi Jambi.

“Pada semester satu tahun ini kita sudah melebihi target sekitar 15 persen di atas target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). Di RPJM kita ditargetkan Rp 5,2 Triliun,” katanya.

Akan tetapi kata Donny target yang ditetapkan secara nasional yang direvisi oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu, Provinsi Jambi ditargetkan sebesar Rp 10 Triliun.

“Jadi kita sudah 67 persen dari target nasional. Tugas kita sampai akhir tahun masih tersisa 33 persen lagi,” sampainya.

Namun, Ia belum menyakini bahwa target nasional bisa tercapai sebab pihaknya tidak didukung dengan anggaran yang baik.

“Upaya untuk mengejar target ini dengan turun ke lapangan untuk mengingatkan kepada Investor agar melaporkan penanaman modal dari perusahaan tersebut,” akunya.

“Laporan dari perusahaan satu bulan sekali dan kami selalu mengingatkan. Saat ini banyak perusahaan yang nakal, mungkin mereka mengira kami terlalu menggampangkan, padahal kami tidak memudahkan itu. Saya minta perusahaan ini untuk tertib,” ujarnya.

Ditambahkan Donny, pemprov telah mempermudah dunia usaha dalam proses perizinan. Di Provinsi Jambi saja ada lima sektor yang paling banyak diminati investor.

“Teratas adalah sektor industri makanan seperti rumah, UMKM dan sejenisnya,” ucapnya.

Masih kata Donny, adapun yang menjadi kendala yang dihadapi investor adalah infrastruktur di Jambi yang kurang memadai untuk mendorong para investor berinvestasi lebih besar lagi di Jambi.

“Pemerintah harus menyiapkan ini semua baru tugas kita untuk menyiapkan menerima para investor,” pungkasnya. (aba)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: