>

Progres Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Excavator Dikerahkan "Hajar" Batu di Bukit Binor

 Progres Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, Excavator Dikerahkan

Progres Jalan Probolinggo-Banyuwangi, Excavator Dikerahkan "Hajar" Batu di Bukit Binor -screenshot youtube teknisi nomer21-

PROBOLINGGO, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Update terkini mengenai proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) semakin maju.

Saat ini pembangunan difokuskan mengerjakan tahap I dari Probolinggo hingga Besuki Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Untuk tahap I ini paket pekerjaan dibagi menjadi 3 paket atau seksi yakni, Paket 1 Gending hingga Kraksaan (12,88 Km) adalah sebesar 92,57%, Paket 2 Kraksaan hingga Paiton (11,20 Km) sebesar 82,77% dan Paket 3 Paiton hingga Besuki (25,60 Km) sebesar 84,44%.

Untuk seksi 3 dari Paiton hingga Besuki pengerjaan sudah dilakukan. Bahkan, saat ini sedang dilakukan pembelahan bukit di daerah Bukit Binor. berdasarkan pantauan youtube Teknisi Nomer21, pembelahan Bukit Binor di dekat PLTU Paiton menjadi pemandangan yang terlihat dengan jelas dari arah barat. Di sisi timur, progresnya masih terbatas.

BACA JUGA:Jalan Tol Probowangi Ruas Probolinggo-Besuki Akan Hadirkan Pemandangan Super Indah

BACA JUGA: Gerbang Tol Kraksaan di Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Kembali Dikerjakan

Bukit Binor menunjukkan karakteristik yang menantang karena merupakan salah satu contoh dari "bukit mati" yang memiliki struktur batuan yang kompleks. Medannya yang berat dan berliku menimbulkan tantangan ekstra dalam proses pembangunan.

Pembelahan bukit ini melibatkan penggunaan excavator pemecah batu yang dilengkapi dengan teknik hidrolik breaker canggih, sehingga mampu memberikan tekanan pada formasi batuan. 

Sementara itu, Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi terbagi menjadi dua tahap pembangunan yaitu Tahap I, menghubungkan Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 Km, dan Tahap II, menghubungkan Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72 Km.

Hal ini sesuai dengan Permenko Perekonomian No. 9 Tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada Ruas Probolinggo-Besuki dengan hak konsesi selama 50 tahun dan investasi sebesar Rp10,8 triliun.

Pembangunan Tahap I Probolinggo-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki. Selain itu juga akan memiliki 3 buah simpang susun yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton dan SS Besuki serta dilengkapi dengan 2 lokasi rest area yang terletak di Sta 33+65 di kedua arah, arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Ruas Probolinggo-Besuki dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo s.d Besuki yang semula sekitar 1 jam 15 menit menjadi 30 menit dengan kecepatan rata-rata 80-100 Km/jam.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi merupakan ruas pamungkas dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas  orang, barang dan jasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: