Wujudkan Tatakelola Pemerintahan yang Efektif dan Transparan

Wujudkan Tatakelola Pemerintahan yang Efektif dan Transparan

Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar--

Abu Bakar: Tantangan Dalam Transformasi Digital, Bagaimana Membangun Ekosistem Digital Secara Komprehensif

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berkaitan erat dengan konsep smart city yang digagas Kota Jambi.

Hal ini merupakan upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat. Dengan kata lain, SPBE merupakan terwujudnya kota cerdas. 

Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar menyebutkan, pemerintah tengah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta keandalan pelayanan publik yang berkualitas.

Hal itu juga sejalan dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

"Salah satu tantangan dalam transformasi digital adalah bagaimana membangun ekosistem digital secara komprehensif," katanya.

Sebab, jumlah aplikasi tidak dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu smart city telah berkinerja dengan baik.

“Karena setiap aplikasi yang diciptakan harus memiliki manfaat, sehingga perlu dilihat juga apakah aplikasi-aplikasi yang ada berdampak baik bagi masyarakat," terangnya.

Selain itu, Transformasi Digital Pemerintahan merupakan hal yang sedang terjadi saat ini. Sama halnya dengan yang terjadi di bidang bidang lain seperti ekonomi, kesehatan, transportasi dan lain lain.

"Pemerintah daerah tentunya perlu memahami dan mampu mengeksekusi dalam bentuk rencana aksi terkolaborasi antar OPD yang merupakan sinergitas ketiganya dalam konsepsi Transformasi Digital Pemerintahan," tambahnya.

Tujuan pelaksanaan SPBE adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel dan terpercaya dan meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan Pemerintah berbasis elektronik. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: