33 Rumah Hangus Terbakar di Legok-Kota Jambi, Kerugian Diperkirakan 1 M lebih

33 Rumah Hangus Terbakar di Legok-Kota Jambi, Kerugian Diperkirakan 1 M lebih

33 Rumah Hangus Terbakar di Legok-Kota Jambi, Kerugian Diperkirakan 1 M lebih--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Kebakaran hebat di kawasan padat penduduk terjadi tepatnya di belakang Puskesmas Putri Ayu, Lorong Kadet Legiman, RT 05, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB pagi, pada Kamis (27/7).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari Affandi mengatakan, kejadian diduga berasal dari salah satu rumah yang sedang ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Berdasarkan informasi yang diterima dari masyarakat, kejadian ini berawal dari salah satu rumah yang ditinggalkan pemiliknya. Pintu rumah saat itu dikunci," ujarnya.

Dikatakan Mustari, pada salah satu rumah yang ditinggalkan tersebut, terdapat ledakan yang diduga berasal dari kompor gas.

"Pintu rumah yang sudah dikunci, di dobrak dan ada ledakan yang diduga itu adalah dari kompor gas," katanya.

Akibat hal tersebut, totalnya sebanyak 33 rumah ikut hangus di lalap si jago merah, dengan total kerugian diperkirakan berkisar lebih dari Rp 1 miliyar.

"Korban jiwa tidak ada. Untuk KK masih dalam pendataan," sebut Mustari.

Mustari menjelaskan, api dengan cepat menyambar rumah-rumah lainnya dikarenakan rumah di lokasi tersebut berbahan dasar papan yang mudah terbakar.

"Dan juga karena ada ledakan yang cepat bisa membakar, termasuk arah mata angin yang mengarah ke rumah. Kalau pada saat arah mata angin itu mengarah ke lapangan, mungkin tidak sampai sejauh ini," terangnya.

Saat hendak menuju ke lokasi, sebut Mustari, petugas juga mengalami hambatan yang membuat armada damkar sulit untuk masuk ke lokasi.

"Hambatan kita ketika datang ke lokasi, banyak sekali kendaraan yang terparkir dan orang-orangnya tidak mau menggeser kendaraannya, dan juga masyarakat yang penuh," bebernya.

Sebanyak 13 armada pemadam kebakaran serta bantuan 1 unit armada dari PDAM dan bantuan lainnya diterjunkan ke lokasi.

"Respontime sampai ke lokasi 6 menit. Api berhasil dijinakkan 1,5 jam," pungkas Mustari. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: