Smartphone di Tangan Anak Usia Sekolah Dasar

Smartphone di Tangan Anak Usia Sekolah Dasar

Smartphone di Tangan Anak Usia Sekolah Dasar--

Oleh: Siti Mariyani, S.Pd 

PERKEMBANGAN  teknologi telah membawa banyak perubahan dalam dunia pendidikan. Teknologi menjadi alat yang membantu dunia pendidikan dalam menemukan dan mencari informasi baru. Salah satu hasil teknologi yaitu Smartphone. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone banyak digunakan dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran. 

Dari berbagai jurnal pendidikan banyak dilakukan penelitian terkait pengunaan media pembelajaran berbasis android. Dari berbagai literatur itu didapat informasi bahwa efektivitas pembelajaran berbasis smartphone memberikan kontribusi hasil yang baik dalam proses pembelajaran.

Smartphone sebagai alat komunikasi memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya sehinga orang dari berbagai usia, termasuk anak usia Sekolah Dasar merasa membutuhkannya untuk mendapatkan informasi terkait dengan pembelajaran. 

Pemanfaatan Smartphone sebagai sarana belajar dengan tersedianya berbagai fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang menunjang pembelajaran seperti website dari kemdikbudristek yaitu rumah belajar, atau zenius, ruang guru, quipper, brainly dan berbagai aplikasi lainnya yang bisa diakses dengan gratis atau berbayar. Semua aplikasi tersebut membantu bagi pembelajaran dan banyak dimanfaatkan oleh dunia pendidikan terutama saat covid-19 melanda selama 3 tahun terakhir ini.

“Kita tidak bisa menampik banyak manfaat yang kita dapatkan dari pengunaan Smartphone, walau pandemi telah berlalu kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka namun pemanfaatan smartphone dalam memudahkan setiap orang untuk mengakses literasi guna menambah pengetahuan masih sangat berperan penting. Pemanfaatan teknologi mengatasi permasalahan dalam teknis pembelajaran juga menjawab masalah subtansial dalam perubahan paradigma baru. 

Pemanfaatan Smartphone 

Hampir setiap siswa di zaman yang ‘melek’ akan teknologi seperti sekarang ini memiliki smartphone. Namun kenyataannya, pengunaan smartphone oleh siswa belum maksimal untuk menunjang pembelajaran. 

Banyak siswa yang memanfaatkan smartphone sebagai sarana komunikasi dengan berbincang-bincang di media sosial, mengakses hiburan, atau bermain game daripada mencari bahan pelajaran. Pengunaan smartphone dalam aktivitas belajar hanya sekedar mencari materi dan mendapatkan jawaban dari tugas yang diberikan oleh guru. 

Siswa mengunakan smartphone hanya sebagai sarana untuk memudahkan penyelesaian tugas saja, sehingga smartphone menjadi cara cepat dalam penyelesaian masalah pembelajaran yang mereka hadapi. Ini tentu tidak akan meningkatkan proses berpikir siswa. Siswa dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan atau tugas yang diberikan guru dengan mengetik pada pencarian yang terdapat pada smartphone mereka. 

Sebagai seorang yang berkecimpung dalam pendidikan, kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi, terutama smartphone sebagai sarana belajar yang mendukung pembelajaran. Dengan beragam aplikasi dan kecangihan teknologi yang terus berkembang membuat banyak sekali perubahan yang terjadi. 

Jika perkembangan ini tidak disesuaikan dengan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis dalam pemanfaatannya tentu saja akan menjadi bumerang bagi dunia pendidikan. 

Banyak kita lihat disetiap sudut, terutama anak usia sekolah dasar yang asyik dengan smartphone mereka sehingga menyebabkan gangguan dalam pembelajaran. Mereka asyik dengan dunia mereka sehingga tidak perduli dengan sekitarnya.  Seperti bisa kita lihat bagaimana asyiknya mereka mengunakan smartphone untuk hal yang tidak bermanfaat dan bisa menjerumuskan permasalahan baru bagi mereka sendiri.

Pengunaan teknologi yang tidak tepat dan kurangnya pendampingan dalam pengunaan smartphone tentu akan berakibat buruk terutama dalam dunia pendidikan. Penyalahgunaan teknologi yang tidak terarah dan terawasi bisa berakibat fatal terutama anak usia sekolah dasar yang masih memiliki kemampuan literasi rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: