PGMI UIN STS Jambi Persembahkan Pergelaran Seni Budaya

PGMI UIN STS Jambi Persembahkan Pergelaran Seni Budaya

PGMI UIN STS Jambi Persembahkan Pergelaran Seni Budaya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN STS Jambi, dengan bangga mempersembahkan pagelaran seni budaya dan prakarya yang luar biasa, Senin, (26/6). Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen yang mengajar mata kuliah seni budaya, prakarya, kerajinan tangan, dan seni rupa untuk mengasah seni dan kreativitas. Acara berlangsung selama 2 hari pada tanggal 26 Juni 2023 sampai 27 Juni 2023 di Auditorium Chatib Quzwain UIN STS Jambi

Mahasiswa dari Program Studi PGMI terlibat aktif dalam mengelola acara, mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaannya. Mereka berperan penting dalam berbagai aspek, termasuk pengorganisasian acara, pengumpulan karya seni yang dihasilkan oleh mahasiswa smester VI, promosi acara, dan pengelolaan logistik.

Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan tahunan program studi PGMI di UIN STS Jambi sejak 2016. Dimana penggagas pertama kegiatan ini adalah Sri Ramadhanti, M.Pd dosen DLB yang dikaryakan di UIN STS Jambi sebagai dosen Seni dan budaya dan Andi Nurhasanah, M.Pd yakni Dosen PGMI UIN STS Jambi.

Acara pageralaran dan pameran seni karya tersebut berisi beragam pertunjukan seni, seperti tari, musik, drama dan musikalisasi puisi yang bertema Bumiku-Memayu Hayuning Bawana. Sementara itu, unjuk karya seni rupa bisa mencakup berbagai jenis karya, seperti lukisan,kolase, mozaik, kerajinan tangan dan mini atur gentala arrasy yang menjadi kebanggan kota jambi.

Keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam mengelola acara ini juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan kreativitas dan keterampilan seni para mahasiswa PGMI. Selain itu, acara ini dapat menjadi wadah yang bagus untuk mempromosikan kekayaan budaya dan seni Indonesia serta secara tidak langsung dan mengajak halayak luas untuk mencintai lingkungan dengan memanfaatkan barangbekas yang ada dilingkungan sekitar. 

Dekan FTK, Dr. Hj. Fadlilah memberikan sambutan sekaligus membuka acara pagelaran dan pameran seni budaya dan prakarya yang bertema Bumiku-Memayu Hayuning Bawana. 

“Pada saat ini kita dituntut untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita, maka jika tidak kita akan tergerus  dengan zaman dimana setiap orang dituntut untuk bisa menyesuaikan dirinya dengan segala macam keadaaan,” jelas Dr. Hj. Fadlilah.

Salah satu dosen PGMI pengampu mata kuliah seni budaya dan prakarya dan sekaligus mengampu mata kuliah praktik kerajinan seni rupa Rhesti Laila Ulfa. M. Pd., yang merupakan lulusan Magister Penidikan seni Universitas Yogyarta mengungkapkan rasa bangga dan haru terhadap masiswa dan mahasiswi PGMI UIN STS Jambi semester 4 dan 6 yang sudah dengan sukarela berkerja sama mewujudkan pagelaran dan pameran sehingga sukses meriah dan ramai pengunjung. Beliau mengharapakan sedikit banyak kegiatan ini dapat memberikan pengalam yang bermakna dan berguna nantinya bagi mahasiswa/i dalam dunia kerja nantinya sebagai guru madrasah karena masih sedikit sekali guru madrasah dan guru sekolah dasar yang memiliki pengalaman berkesenian terutama seni pertunjukan dan seni kriya.

Kesuksesan acara seni pertunjukan dan unjuk karya seni rupa ini merupakan hasil kerja keras, kerja sama, dan dedikasi dari seluruh tim. Semoga acara ini menjadi langkah awal yang baik untuk mengembangkan dan memperkuat apresiasi terhadap seni budaya dan prakarya serta memberikan inspirasi bagi generasi mendatang dalam melestarikan kekayaan budaya dan seni Indonesia serta kecintaan dan kelestarian lingkungan terhadap bumi kita. (uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: