Perluas Jaringan, UIN STS Jambi MoU Dengan UNIMAS dan UITM Malaysia

Perluas Jaringan, UIN STS Jambi MoU Dengan UNIMAS dan UITM Malaysia

UIN STS Jambi MoU Dengan UNIMAS dan UITM Malaysia--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDUIN STS Jambi terus memperluas jaringan kerjasamanya dengan berbagai pihak, kali ini bertempat di Hotel Aston Pontianak, Kamis (13/7) UIN STS Jambi melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua kampus Malaysia, yaitu Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) dan Universitas Teknologi MARA (UITM).

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan dalam rapat koordinasi bidang kerjasama PTKIN seluruh Indonesia, Kamis (13/7). Kegiatan ini Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi., dan dihadiri oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Dr. Thobib Al Asyhar, Forum Rektor PTKIN, Forum Wakil Rektor Kerjasama, International Office PTKIN, perwakilan pimpinan dari UNIMAS Malaysia dan UITM Malaysia, serta perwakilan Konsulat Jendral Malaysia.


Foto bersama dengan Pimpinan UNIMAS--

UIN STS Jambi diwakili Wakil Rektor III, Dr. Bahrul Ulum.,MA dan Dion Ginanto, Ph.D., Ketua International Office UIN STS Jambi. Dalam perjanjian kerjasama antara UNIMAS dan UITM di antaranya menyepakati untuk melakukan kerjasama dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengajaran.

“Saat ini ada satu dosen UIN STS Jambi dan satu dosen dari UNIMAS akan mengajar bersama atau bergantian pada kelas di Jambi dan Malaysia secara bersamaan secara daring. Sementara itu, student mobility atau exchange program adalah program pertukaran mahasiswa antara UIN Jambi dan UNIMAS. Konsepnya adalah, ketika mahasiswa UNIMAS belajar di Jambi semua biaya ditanggung UIN STS Jambi. Sebaliknya, jika mahasiswa UIN STS Jambi berada di Serawak, maka seluruh biaya selama di Serawak di tanggung oleh UNIMAS.,” jelas Wakil Rektor III UIN STS Jambi.


Foto bersama dengan pimpinan UITM Malaysia--

Student mobility ini dapat dilakukan dengan skema short term selama 7 hari, atau long term selama 1 bulan hingga satu semester. Untuk langkah awal, kedua kampus menyepakati akan mencoba program short term.

Di sela-sela MOU, International Office UIN STS Jambi dan Direktur UNIMAS Global, menyepakati untuk segara merealisasikan kerjasama dalam bentuk: (1) Global Classroom; dan (2) Student mobility/student exchange. Untuk global classroom konsepnya hampir sama dengan pola COIL (Collaborative Online International Learning) yang telah dibangun antara UIN Jambi dan Michigan State University.

Sejalan, dengan prospek kerjasama dengan UNIMAS. UIN STS Jambi juga tengah berkomitmen untuk menjalankan program Student Mobility dengan UITM Serawak. Harapannya kerjasama antara UITM dan UIN STS Jambi dapat memberikan benefit bagi mahasiswa dan civitas akademika kedua kampus.

Kerjasama dengan dua kampus ini sejalan dengan paradigma trans-integrasi ilmu yang digagas oleh Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. Su’aidi., MA.,Ph.D., yang salah satunya dalam bentuk semangat internasionalisasi kampus. Kegiatan ini juga akan langsung ditindaklanjuti sesuai arahan rektor, bahwa tidak ada lagi MoU yang hanya sekedar formalitas. Namun harus ditindaklanjuti dengan program dan aksi nyata untuk memperkuat peran UIN STS Jambi sebagai lokomotif perubahan sosial. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: