Jemaah Haji Asal Jambi Mulai Pulang ke Tanah Air

Jemaah Haji Asal Jambi Mulai Pulang ke Tanah Air

Jemaah Haji Asal Jambi Mulai Pulang ke Tanah Air--

BATAM, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebanyak 373 jemaah haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (17/7/2023) pukul 12.38 WIB. Jemaah ini kemudian diterbangkan menuju Jambi pukul 15.15 WIB sebagai bagian dari debarkasi antara.

Kloter 17 ini adalah kloter pertama asal Provinsi Jambi yang telah pulang ke tanah air. Namun, dalam perjalanan kloter ini, dilaporkan bahwa seorang jemaah bernama Rustam Abdul Rajak telah meninggal dunia di Mekkah.

Zakaria Ansori, salah satu jemaah haji yang ikut dalam kloter ini, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap peran petugas haji, terutama untuk para lansia. Menurutnya, kesabaran yang ditunjukkan oleh para petugas tersebut patut diacungi jempol.

“Saya sangat apresiasi ke petugas-petugas haji. Mereka bekerja tidak semata karena SK (Surat Keputusan) tapi memang menjiwai. Seperti membersikan kotoran, mengganti popok dan urine bag mereka, juga merawat jemaah yang sudah sangat uzur dengan sangat sabar, ya. Memang seperti anak kandung jemaah itu,” sebut Zakaria.

“Terima kasih kepada pemerintah, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan seluruh sektor semuanya yang sangat konsen memberikan layanan haji tahun ini. Seperti penambahan air zam zam dan tagline “Haji Ramah Lansia” ini,” imbuhnya.

Kepulangan jemaah haji Kloter 17 ini, menambah jumlah jemaah haji Debarkasi Batam yang telah tiba di tanah air dengan total 6282 orang. Jemaah asal Provinsi Jambi sendiri tergabung dalam Kloter 17 sampai Kloter 23. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: