Land Clearing Tol Tempino-Bayung Lencir Sepanjang 5,1 Km Didominasi Perkebunan

Land Clearing Tol Tempino-Bayung Lencir Sepanjang 5,1 Km Didominasi Perkebunan

Jalan tol trans sumatera--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) trase Bayung Lencir- Tempino sudah dimulai beberapa waktu lalu.

Untuk tahap awal untuk ruas yang dinamakan Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 sepanjang total 15 Kilometer (KM) ini sudah dilakukan pembukaan lahan atau land clearing sebanyak 5,1 KM.

Hal itu diungkapkan Arif Budiarto, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3.

"Lebar clearing variasi 40-50 meter dan sudah dilakukan land clearing sepanjang 5,1 kilometer," ujar Arif beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Arif menjelaskan,  dari 5,1 Km tersebut terbagi di dua tempat yakni, di desa Muaro Sebapo 2,7 km. Sedangkan sisanya yang sudah ada di desa Sungai Landai sebanyak 2,4 Kilometer.

"Lahan yang diland clearing didominasi areal perkebunan. Ada juga rumah, tapi tidak banyak," tambahnya

Sementara untuk pembebasan lahan lainnya yang sekitar 10 kilometer lagi, Arif menyebut akan dilakukan bertahap. "Bertahap akan selesai. Dan setelah itu akan segera dikerjakan pekerjaan tanah," sebutnya.

Terkait pekerjaan fisik untuk menangani tanah lunak (gambut) di tol Jambi, Arif mengatakan juga sudah berprogres dan sudah ada beberapa pilihan.

"Sudah ada beberapa alternatif, akan dibahas lebih lanjut dengan direktorat jalan bebas hambatan (Kementerian PUPR)," katanya.

Minta Pemkab Muaro Jambi Segera Proses

Sementara itu, pembebasan lahan jalan tol Jambi-Betung sudah selesai 96 persen dan tersisa 4 persen karena ada sekolah, pemakaman serta fasilitas umum lainnya.

Mengatasi permasalahan tersebut, Gubernur Jambi Al Haris meminta Pemkab Muaro Jambi segera memproses penyelesaiannya.

Al Haris mengakui, pihaknya baru tahu ada lintasan yang dilalui tol merupakan tanah pemakaman dan madrasah (sekolah).

“Saya yakin pemda bisa selesaikan itu dengan baik,” terang Haris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: