UIN STS Jambi Siapakan Calon Alumni Siap Kerja

UIN STS Jambi Siapakan Calon Alumni Siap Kerja

UIN STS Jambi menggelar Workshop Prakerja--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDUIN STS Jambi terus berusaha dalam mempersiapkan alumni yang siap kerja. Salah satunya dengan pelaksaaan worksahop Prakerja, Senin (10/7). Kegiatan ini dilaksanakan melalui Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (UPKK).

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa semester akhir yang akan melaksanakan wisuda pada Agustus 2023. Mengangkat tema, “Penguatan Kompetensi Mahasiswa Dalam Persaingan Kerja Era Transformasi Digital”. Mengahadirkan pemateri dua psikolog handal dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Jambi, Dessy Pramudiani, S.Psi., M.Psi., Psikolog dan Verdiantika Annisa, S.Psi., M.Psi., Psikolog.


Narasumber bersama Ketua UPKK UIN STS Jambi--

Dalam workshop kali ini, peserta diberikan pembekalan bagaimana menghadapi proses wawacara kerja, sehingga bisa menghasilkan nilai yang baik. Hal ini penting karena disaat proses wawancaralah seseorang pelamar pekerjaan akan dinilai bagaimana sikap dan juga perilakunya.

“Ini penting karena tanpa kita pungkiri wawancara kerja menjadi salah satu aspek penentu dalam proses melamar kerja. Dengan ini diharapkan mahasiswa telah mengetahui tips dan trik dalam menghadapi wawancara dan psikotes kerja,” jelas Mardalina, S.Ag., M.Ud, Kepala UPKK.

Ditambahkannya, kegiatan ini merupakan pengimplementasian salah satu dari empat bentuk layanan yang diberikan oleh UPKK yakni layanan tentang informasi kerja. Langkah ini dilakukan dengan memberikan tips-tips ketika menghadapi wawancara kerja dan psikotes kerja sebagai upaya untuk menyiapkan mental mahasiswa dan calon alumni siap kerja.

Selain itu ada tiga layanan lainnya yang juga tersedia di UPKK dan bisa didapatkan oleh mahasiswa seperti pelatihan kewirausahaan, peluang magang dan bimbingan usaha.

Selain tips ketika menghadapi wawancara dan psikotes kerja, kegiatan ini juga menjelaskan langkah-langkah bagi mahasiswa untuk membuka usaha. Kita juga ingin mengubah mainseat mahasiswa bukan hanya menjadi alumni yang mencari kerja, tetapi juga menjadi alumni yang bisa menciptakan peluang kerja. Hal ini sebagai penguatan bagi para mahasiswa dan alumni untuk menciptakan lapangan kerja dan mandiri berwirausaha. (uci)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: