PEMIRA Fapet UNJA Terapkan E-Voting, Wujud Demokrasi Mahasiswa dan Otonomi Fakultas

PEMIRA Fapet UNJA Terapkan E-Voting, Wujud Demokrasi Mahasiswa dan Otonomi Fakultas

PEMIRA Fapet UNJA Terapkan E-Voting, Wujud Demokrasi Mahasiswa dan Otonomi Fakultas--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID -Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) Mahasiswa di Universitas Jambi tahun 2023 kembali dilaksanakan. Rangkaian proses PEMIRA ini berlangsung di seluruh fakultas yang ada di Universitas Jambi (UNJA). Dimana pada Selasa, 4 Juli 2023 Fakultas Peternakan (Fapet) menjadi fakultas pertama yang melaksanakan pemilihan menggunakan metode E-Voting melalui website http://pemira.UNJA.ac.id.

 

Dalam pelaksanaan PEMIRA ini semua mahasiswa dapat memonitor perolehan suara karena tersedia fitur Real Count. Sampai berita ini dirilis suara yang masuk sejumlah 856 dari 1.287 orang DPT.

 

Menurut Indah, mahasiswi Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan selaku Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) BEM Fapet UNJA, ada beberapa tahap Pemira Fapet dimulai dari musyawarah pemilihan Ketua KPU dan Ketua BAWASLU dengan dihadiri oleh delegasi Hima dan OK (Organisasi Kemahasiswaan) yang berada di Fakultas Peternakan, kemudian membentuk anggota komisioner KPU dan BAWASLU, KPU memiliki 5 orang komisioner dan BAWASLU memiliki 5 orang Komisioner juga.

 

“Setelah terbentuknya Komisioner KPU dan BAWASLU, maka KPU melaksanakan rapat pleno tertutup dalam mensahkan PKPU yang ditanda tangani oleh komisioner dan diketahui oleh WD3, setelah itu membuka pleno terbuka bagi seluruh keluarga mahasiswa Fakultas Peternakan dengan membagikan segala informasi melalui IG @kpufapet.unja,” ujar Indah.

 

Menurutnya jadwal PEMIRA dimulai dengan Pendaftaran Calon BEM & DPM pada 31 Mei sampai dengan 02 Juni 2023. Kemudian pengumpulan berkas pada tanggal 31 Mei sampai dengan 06 Juni 2023, validasi berkas calon 06 Juni 2023, Rilis nama calon DPM dan Pencabutan Nomor DPM pada 07 Juni 2023. Kemudian Rilis nama Calon Ketua & Wakil Ketua BEM dan pencabutan nomor urut pada 09 Juni 2023. Masa Kampanye 12 sampai dengan 27 Juni 2023, Minggu Tenang 28 Juni sampai dengan 03 Juli 2023 dan Voting Pemilihan Suara pada 04 Juli 2023.

 

“Kenapa menggunakan E-Voting, karena merupakan usulan dan saran dari fakultas menggunakan E- Voting dan disahkan dalam Rapat Pleno KPU, fakultas berperan memberikan fasilitas selama berjalannya PEMIRA dan mengakomodir agar PEMIRA dapat tetap berjalan,” ungkap Indah.

 

Indah juga mengatakan, tujuan PEMIRA adalah untuk mengaktifkan kembali BEM dan DPM Fakultas Peternakan Universitas Jambi atas Instruksi Rektor Universitas Jambi Nomor 02 Tahun 2023 Tentang Persiapan dan Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) Mahasiswa Universitas Jambi. PEMIRA ini memilih Ketua dan Wakil Ketua BEM dan Dewan Perwakilan Mahasiswa. “Calon Ketua BEM Nomor urut 1 Firdaus dan Wakil Ketua Sofyan Ilhamsyah, kemudian Calon ketua nomor urut 2 yaitu Abdi Hamdani Nasution dan calon wakil ketua Egi Prima Herdianto,” tutur Indah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: