Duh! Jepang Umumkan Kematian Akibat Virus Oz, Kasus Pertama Dunia

Duh! Jepang Umumkan Kematian Akibat Virus Oz, Kasus Pertama Dunia

Ilustrasi suasana Jepang-Foto: Tangkapan Layar Youtube Refa Kashiki-

JAKARTA, JAMBIEKSPTRES.CO.ID – Mengutip dari NHK (Nippon Hoso Kyokai) disebut Jepang telah melaporkan kasus kematian pertama di dunia akibat Virus Oz, duh!

Virus Oz ini telah menyebabkan sesorang perempuan 70 tahunan di Jepang meninggal dunia tepatnya di Prefektur Ibaraki Tokyo bagian utara.

Disebut bahwa ini adalah kasus pertama di Jepang, pun di dunia. Virus Oz ini diyakini dibawa oleh seekor kutu keras yang telah menggigit korban sebelum kematiannya.

Kementerian Kesehatan Jepang mengumumkan, Jumat lalu koban datang ke rumah sakit mengeluh demam disertai rasa lelah. Setelah diperiksa ternyata ditemukan satu kutu keras di bagian paha atasnya.

Kutu ini diyakini membawa Virus Oz, kemudian pihak rumah sakit melakukan autopsi, lalu ditemukan penyebab korban meninggal karena mengalami radang otot jantung akibat miokarditis.

Sebenarnya virus ini telah pernah ditemukan pada tahun 2018 lalu. Saat itu, virus ditemukan dari kutu jenis tertentu di beberapa wilayah Jepang seperti Tokyo, Jepang bagian tengah dan Jepang bagian barat.

Kemenkes Jepang juga telah menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang saat memasuki wilayah semak dan berumput, tempat kutu sering hidup.

Belum ditemukan obat untuk menangkal virus ini, yang bisa dilakukan hanya sebatas meringankan gejalanya. (dpc)


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: