Bos Amerika Ramai-ramai ’Sowan’ ke China, Kini Giliran Bill Gates Setelah Kemarin CEO Tesla dan CEO Apple

Bos Amerika Ramai-ramai ’Sowan’ ke China, Kini Giliran Bill Gates Setelah Kemarin CEO Tesla dan CEO Apple

Bill Gates dan Xi Jinping-Foto: Tangkap Layar IG @xijinpingofficialcn-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - China belakangan sibuk menerima sowan para bos-bos bisnis raksasa Amerika. Setelah sebelumnya dikunjungi oleh CEO Tesla Elon Musk dan CEO Apple Tim Cook, kini giliran Bill Gates yang menginjakkan kaki ke China.

 

Menarik karena di antara para bos-bos itu, memang baru pendiri Microsoft ini yang dikabarkan bisa bertemu langsung dengan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan ini dilakukan pada hari Jumat waktu setempat.

 

Dalam pertemuan ini, Gates dan Xi membahas tentang kecerdasan buatan AI. Xi juga terang-terangan mengatakan China membuka pintu bagi Amerika terutama di bidang teknologi.

 

Keduanya juga saling memuji. Xi memuji Gates sebagai teman lama dan teman Amerika pertama yang ia temui tahun 2023 ini.

 

Sementara Gates memuji China dalam penanganan Covid-19 dan telah memberi contoh yang baik untuk dunia.

 

Gates dalam video yang tersebar juga menyatakan ia telah melakukan percakapan yang menarik dan berdiskusi tentang banyak topik penting dalam pertemuannya dengan Xi Jinping.

 

Gate melalui akun twitternya menyampaikan sebenarnya ia telah mendarat di China sejak Rabu (14/6/2023). Gates mengumumkan bahwa ia akan bertemu dengan beberapa mitranya Bill & Melinda Gates Foudation yang banyak menangani tantangan kesehatan dan pembangunan global.

 

Bill Gates melalui yayasannya memang baru saja memberikan US$ 50 juta (Rp 750 miliar) untuk China guna memerangi penyakit, khususnya malaria dan TBC.

 

Sebelumnya pada 30 Mei 2023, CEO Tesla Elon Musk juga ke China, bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Qin Gang. Saat pertemuan itu Elon Musk dan Qin saling menyatakan keterbukaan hubungan mereka dalam bisnis mobil listrik.

 

Apalagi China merupakan negara pertama Tesla mendirikan pabrik di luar Amerika. Pabrik Tesla buka sejak 2019 di China dan mendapat posisi penting dalam penjualan mobil listrik China.

 

CEO Apple Inc Tim Cook pada 28 Maret 2023 juga bertemu dengan Menteri Perdagangan China, Wang Wentao di China. Dalam kesempatan ini keduanya membahas hubungan bisnis teknologi konsumen dan perkembangan Apple di China.

 

Wang kepada Tim Cook menyatakan China akan membuka pintu dan pelayanan untuk perusahaan asing termasuk Apple.

 

Hubungan AS-China dalam beberapa waktu terakhir memang renggang dalam bidang politik, namun kehadiran bos-bos Amerika ini ke China telah memberi aura baru terhadap hubungan ekonomi dan bisnis antar kedua negara. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: