Kloter Tambahan Berangkat 23 Juni 2023, Kuota Tambahan Haji Jambi Tak Terisi Penuh

Kloter Tambahan Berangkat 23 Juni 2023, Kuota Tambahan Haji Jambi Tak Terisi Penuh

Kedatangan perdana jemaah haji khusus di Jeddah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Provinsi Jambi mendapat kuota tambahan Jamaah Haji sebanyak 161 orang. Jumlah itu bagian dari tambahan kuota jamaah haji se-Indonesia sebanyak 8.000 orang.

Sayangnya, dari kuota yang diberikan untuk Provinsi Jambi tak terisi seluruhnya. Dari kuota 161 hanya terisi 141 orang. Jumlah itu didapatkan dari pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang dibuka pemerintah untuk jamaah pada 8 hingga 12 Agustus 2023.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jambi H.Wahyudi Abdul Wahab mengatakan,  hingga sore pukul 16.45 WIB terdapat 141 orang yang melakukan pelunasan.

"Sejauh ini terisi 141 orang, batasnya hingga pukul 17.00 WIB. Jamaah ini berasal dari jamaah yang sudah melunasi saat kuota cadangan ketiga lalu dan di tambah dengan rekap daftar nama sekarang. Jumlah ini dari kuota Provinsi Jambi 161 orang atau masih kurang 20 orang lagi," katanya kepada Jambi Ekspres (12/6).

Namun, lanjut Wahyudi, ia belum merangkum jumlah jamaah tambahan kuota per Kabupaten/Kota yang berhak berangkat haji. "Belum bisa ditentukan, karena kita hanya berdasarkan nomor urut porsi selanjutnya, ada daerah yang dapat 3 atau 4," katanya saat dihubungi kembali oleh koran ini.

Saat dihubungi ulang, pada pukul 17.15 WIB Wahyudi belum menyebutkan data terbaru kuota tambahan Jambi yang terisi. 

Adapun jamaah tambahan Jambi ini dijadwalkan berangkat pada 23 Juni mendatang. "Jamah tambahan ini akan dinamakan Kloter 34 isinya hanya Jamaah Haji Jambi. Teknisnya sama jamaah reguler kloter jambi sebelumnya dia masuk asrama dulu, cuma bedanya besar pesawat ke Bandara Batam saja," akunya.

Namun ia mengatakan untuk keberangkatan jamaah tambahan ini sudah diperhitungkan oleh panitia penyelenggara ibadah haji.

"Seperti pesawat menuju Batam itu sudah kita persiapkan, tak ada masalah," terangnya. 

Ditanya solusi pengisian kekurangan kuota ini, Wahyudi belum bisa menentukan. Termasuk soal opsi pengisian nama ditentukan Kemenag Pusat. 

"Belum bisa juga, karena nama jamaah ada di Kabupaten/Kota juga," ucapnya.

Untuk daftar nama yang dibuka berhak melunasi tambahan kuota ini, Kata Wahyudi, dibuka kepada 161 orang ditambah 35 orang nomor urut kursi selanjutnya jamaah haji jambi. 

Sebelumnya, untuk pemberangkatan Haji Jambi Hampir rampung. Tinggal menyisakan kelompok terbang BTH 24 asal Tebo dan Merangin. Sementara 7 kloter sebelumnya sudah diberangkatkan ke Arab Saudi.

Dari keterangan di laman resmi Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Pembantu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Provinsi Jambi yang bertugas dalam Satuan Tugas Batam melaporkan bahwa Jemaah Calon Haji (JCH) Kelompok Terbang (Kloter) BTH 23 Provinsi Jambi telah tiba di Bandara Hang Nadim Batam yang diangkut dengan dua pesawat. Kedatangan pesawat pertama pada Senin (12/6) pukul 11.20 WIB dan pesawat kedua tiba pukul 11.43 WIB dengan selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: