Belum Terima Nama Pj Bupati, Pemprov Terima Surat Pengunduran Diri Walikota Jambi

Belum Terima Nama Pj Bupati, Pemprov Terima Surat Pengunduran Diri Walikota Jambi

ilustrasi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Nama Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi, Sarolangun dan Tebo belum diketahui. Padahal akhir masa jabatan berakhir pada Senin 22 Mei 2023. 

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi Raden Najmi mengatakan, usulan Pj Bupati dirapatkan di Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (19/5) sore. "Nama Pj Bupati belum ada, masih bergulir. Informasi terakhir sore ini (kemarin,red) rapat penetapan, kita tunggulah," ujar Raden Kepada Jambi Ekspres (19/5).

Dikatakan Raden, total ada 9 nama usulan untuk masing-masing calon Pj Bupati. Berasal dari 3 usulan Gubernur, Kabupaten dan Kementerian Dalam Negeri.

Ditanyakan jika Pj Bupati yang ditetapkan adalah Penjabat sebelumnya, maka, tak perlu ada pelantikan. "Kalau perpanjangan tak perlu pelantikan, cukup ngasih Surat Keputusan (SK)," akunya.

Adapun untuk rencana awal pelantikan tetap dijadwalkan pada Senin 22 Mei 2023. Hanya saja ada kemungkinan lainnya, jika hingga tanggal 22 belum ditetapkan, Gubernur akan membuat surat kepada Sekda untuk menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) beberapa hari. "Nanti yang ditunjuk Plt, Sekda Kabupaten bersangkutan," sebut Raden.

Meski demikian, pihak Pemprov masih menunggu kabar pusat terkait penetapan nama oleh Mendagri. "Kita menunggu paling lambat hari Minggu, kita masih menunggu karena dokumen pelantikan sudah ada tinggal tulis nama saja," jelasnya.

Terpisah, untuk kepala daerah di Jambi lainnya, Raden menyebut baru menerima surat pengunduran diri Walikota Jambi Syarief  Fasha pada Kamis (19/5). Surat itu ditujukan kepada Mendagri melalui Gubernur Jambi. "Hari ini kami proses, kami buat surat dari gubernur ke DPRD Kota Jambi dan disiapkan suratnya. Dan Senin saya akan mendiskusikan dengan DPRD, karena dewan harus merubah Bamus untuk pengumuman pengunduran diri pak Fasha," jelas Raden.

Ditambahkan Karopem, penetapan pengunduran diri Sy Fasha terhitung penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada 4 November 2023. "Sedangkan akhir masa jabatan 7 November, dan untuk 4 November hingga 7 November itu, kita akan tunjuk Plt Walikota yakni Wakil Walikota," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman juga mengamini pernyataan Karopem. Menurut Sekda, Pj Bupati kepastiannya akan ditetapkan pada Senin. "Kita tunggu hari Senin, jika yang lama tetap jadi Pj Bupati, itu tanpa pelantikan," sebut Sekda.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri pada April 2023 lalu juga meminta DPRD Kabupaten untuk mengusulkan nama Pj Bupati. Adapun DPRD Sarolangun justru tidak mengusulkan nama Henrizal, Pj Bupati saat ini. Dari penelusuran Jambi Ekspres DPRD Sarolangun mengusulkan tiga nama, yakni Helmi, H Muhammad, dan Waldi.

Helmi adalah Kepala Dinas Pendidikan Sarolangun, H Muhammad Kepala Bappeda Sarolangun dan Waldi Kepala BKPSDM Sarolangun. 

Sementara, usulan Calon Pj Bupati Tebo yakni Aspan (Pj Bupati Tebo saat ini), Sulaiman (Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jambi), dan Varial Adhi Putra (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi).

Kemudian untuk, DPRD Muaro Jambi juga telah memutuskan calon Pj Bupati daerah itu yang akan diusulkan ke Kemendagri. Dari hasil rapat pada Selasa (4/4) muncul tiga nama, termasuk Pj Bupati saat ini, Bachyuni Deliansyah.

Dua nama lainnya adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Muhammad Fery Kusnadi dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi Raden Najmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: