TINGGAL KLIK! Begini Cara Daftar Subsidi Tepat agar Beli BBM Pertalite dan Solar Tak Dibatasi

TINGGAL KLIK! Begini Cara Daftar Subsidi Tepat agar Beli BBM Pertalite dan Solar Tak Dibatasi

Petugas melayani pembeli BBM-Foto: Dok Pertamina-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pertamina dan BPH Migas membuat aturan  baru dalam pembelian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

Terabaru, saat ini pihak Pertamina Persero melakukan pembatasan pembelian BBM ertalite di 4 daerah yaitu, Bengkulu, Aceh, Bangka Belitung dan Timika (Papua).

Dalam pembatasan untuk empat daerah ini pengendara khususnya roda empat hanya diperbolehkan membeli BBM Pertalite Rp 200 ribu rupiah atau 20 liter.

Namun, jika pemilik kendaraan sudah memiliki QR Code dan terdaftar di aplikasi MyPertamina akan dilayani hingga 120 liter.

Pembatasan terkait pembelian BBM bersubsidi Pertalite ini diatur dalam Perpres 191 tahun 2014. Untuk pembatasan pembelian BBM Pertalite dimulai sejak 11 Mei 2023.

Sementara itu, tak hanya di empat daerah tersebut, ternyata pembelian BBM subsidi jenis Pertalite di Provinsi Jambi juga dibatasi. 

Pantauan Jambi Ekspres di SPBU Simpang Pucuk Kota Jambi, pembelian BBM jenis Pertalite harus menngunakan QR Code dan sudah terdaftar di MyPertamina.

"Yang tidak punya QR Code tetap kita layani hanya saja dibatasi hanya boleh Rp 200 atau 20 liter per hari,"ujar seorang petugas pria yang enggan disebutkan namanya di SPBU Simpang Pucuk, Kota Jambi kepada Jambi Ekspres.

Tak hanya di SPBU Simpang Pucuk, pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite juga terjadi SPBU Simpang Rimbo. Menurut seorang petugas wanita di SPBU tersebut, pembatasan pembelian BBM jenis Pertalite sudah dilakukan sejak 11 Mei 2023.

"Sudah jalan empat hari, bagi kendaraan yang tidak punya QR Code tetap kita layani. Namun, takarannya hanya Rp 200 ribu atau 20 liter per hari,"ujar seorang peugas wanita berjilbab kepada Jambi Ekspres sore tadi.

Yaman S, warga Kota Jambi yang menggunakan mobil Xenia mengaku dalam pembelian BBM Pertalite di SPBU di Provinsi Jambi diwajibkan menggunakan QR Code.

"Sudah dua kali saya sepulang mudik dari Jawa mengisi BBM di Provinis Jambi tepatnya di SPBU Kota Jambi dan Kota Bungo, dua kali pula ditanya soal QR Code oleh petugas SPBU. Meskipun menggunakan QR Code di Provinsi Jambi hanya diperbolehkan mengisi BBM Pertalite Rp 400 ribu atau 40 liter dalam sehari,"ujarnya kepada Jambi Ekspres.

Subsidi Tepat merupakan Program Pemerintah yang diperuntukan untuk kendaraan roda 4 yang berhak mendapatkan subsidi agar tepat sasaran. Dimana program ini bertujuan untuk memilah mana yang berhak untuk mendapatkan subsidi. Sehingga pengguna roda empat wajib mendaftarakan kendarannya.

Ada dua cara untuk mengikuti program subsidi tepat ini : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: