Pilgub Jambi 2024, Duet Romi-Mashuri Menguat

Pilgub Jambi 2024, Duet Romi-Mashuri Menguat

Romi dan Mashuri--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Wacana duet Romi Hariyanto-Mashuri terbuka di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2024 mendatang. Terlebih keduanya selama dikenal dekat dan kerap terbaru pesona di berbagai kesempatan. 

Bahkan Romi sendiri sudah beberapa kali berkunjung di kediaman Mashuri di kabupaten Bungo. Kunjungan itupun mendapat balasan dari Mashuri yang juga berkunjung ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). 

Duet Romi-Mashuri cukup menjajikan di Pilgub Jambi 2024. Sebab keduanya masing-masing merupakan kepala daerah di Tanjabtim dan Bungo yang merupakan dua wilayah barat dan Timur Provinsi Jambi. 

Keduanya juga sama-sama memiliki pengaruh di internal partai politik masing-masing. Romi merupakan Ketua DPD PAN Tanjabtim, sedangkan Mashuri merupakan Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi. 

Jika kedua partai ini bisa memperoleh kursi signifikan pada Pemilu 2024, maka peluang duet  Romi-Mashuri akan semakin terbuka. Sehingga tidak menutup kemungkinan dua partai ini akan berkoalisi untuk mengusung Romi-Mashuri sebagai jagoannya. 

Jika berkaca pada hasil Pemilu 2019 lalu, gabungan kedua partai ini memiliki 14 kursi, masing-masing partai mengantongi 7 kursi parlemen. Angka ini sudah melebihi 11 kursi minimal untuk ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi 2024.

Pengamat politik Jafar Ahmad mengatakan duet  Romi-Mashuri bisa saja terjadi di Pilgub Jambi. Namun sejauh mana pengaruh dan peluangnya harus ada kajian melalui survei. 

"Duet Romi dan Mashuri boleh saja terjadi. Keduanya merupakan figur Kepala daerah dari partai politik," ujarnya, Minggu (7/5) kemarin. 

Hanya saja terkait pengaruh sentimen wilayah dan politik lokal di Jambi menurutnya sejauh ini tidak terlihat sangat berpengaruh. Jadi, meskipun ada penggabungan tokoh barat dan timur belum tentu bisa berpengaruh signifikan pada elektabilitas. 

"Saya berpendapat ketokohan calon itu yang memiliki pengaruh besar, bukan dari mana asalnya," katanya.

Jafar mencontohkan sosok seperti Hasan Basri Agus (HBA) memiliki kemampuan meraup suara siginifikan dari wilayah timur, meskipun berasal dari Barat. "Begitupun Bakri yang orang Timur akan bisa mendapt suara dari Barat," ucapnya. 

Menurutnya, dalam konteks politik Jambi kekuatan figur menjadi pengaruh paling besar bagi pemilih menentukan sikapnya. "Sehingga b kekuatan figure paling berpengaruh besar," pungkasnya.

Orang dekat Mashuri yang juga Bakomstra Partai Demokrat Provinsi Jambi Andas Toto saat dikonfirmasi hal ini, mengatakana, boleh-boleh saja jika seandainya ada wacana yang berkembang seperti itu, namun demikian, Mashuri saat ini masih fokus membesarkan Partai Demokrat, terutama menghadapi Pemilu 2024.

‘’Beliau masih fokus ke partai, apa lagi Pemilu sudah di depan mata,’’ katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: