UPB LC UIN STS Jambi Terima Kunjungan Tim Pusat Pengembangan Bahasa UIN Banten

UPB LC UIN STS Jambi Terima Kunjungan Tim Pusat Pengembangan Bahasa UIN Banten

Foto bersama--

Langkah Awal Adopsi Sistem Manajemen Pengelolaan

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tim UPB Language Center UIN STS Jambi, Jumat (5/5) menerima kunjungan bencmarking TIM Pusat Pengembangan Bahasa (PBB) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Bertempat di UPB Language Center UIN Jambi Gedung Rektorat GMPU lantai 6. 

Kepala Unit Pengembangan Bahasa, H. Izzat M.Daud, Lc MA., menyampaikan benchmarking ini bertujuan untuk mendiskusikan seputar Sistem Managemen Penyelenggara Program - program Kerja di UPB Language Center UIN STS Jambi serta seputar Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kegiatan PPSL di UIN STS Jambi.

Seperti yang diketahui bahwa UPB UIN STS Jambi sudah menjadi PTP Pelaksana Program Studi Lanjut (PPSL) Luar Negeri untuk para dosen dari Sabang sampai Merauke yang didanai langsung oleh Kemenag-LPDP sejak tahun 2021. 


UPB LC UIN STS Jambi Terima Kunjungan Tim Pusat Pengembangan Bahasa UIN Banten--

Utusan dari TIM PBB UIN Banten, Dr. Abdul Muin, S.Ag, M.M., Kepala PPB UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Andi Gunawan, S.E., Bagian Keuangan UIN SMH Banten, Edi Humaedi, SPI UIN SMH Banten, Dra. Hj. Fitri Hilmiyati, M.Ed., Internasional Office UIN SMH Banten, Herlina Pratiwi, M.Pd., BIPA PPB UIN SMH Banten. 

Sedangkan dari pihak UIN STS Jambi dihadiri Kepala Unit Pengembangan Bahasa, H. Izzat M.Daud, Lc MA., Koordinator Bahasa Asing dan Akademik UPB Language Center UIN STS Jambi, Erwin Hage, MA., Direktur Lembaga Bahasa Asing JEC Kerjasama dengan UIN STS Jambi, Dr. Iswandany Kaslan, MA., dan Sekretaris International Office UIN STS Jambi, Tira Mariana, M.Hum.

“Dalam kegiatan ini TIM UIN Banten dan TIM UIN Jambi bisa bersama-sama mendiskusikan permasalahan-permasalahan dan program-program seputar pengelolaan Unit Pengembangan Bahasa, khususnya terkait persiapan dan pelaksanaan Program Persiapan Studi Lanjut Kemenag-LPDP,” jelas Koordinator Bahasa Asing dan Akademik UPB Language Center UIN STS Jambi, Erwin Hage, MA.

Kepala PBB UIN Banten, Dr. H. Abdul Muin, S.Ag. M.M., menyebutkan TIM PBB UIN Banten perlu belajar dan mengambil contoh dari UPB UIN STS Jambi karena gebrakan - gebrakan program - program UPB LC UIN STS Jambi yang out of the box. 

“UIN Banten akan mengadopsi apa yang sudah dilakukan oleh UPB LC UIN STS Jambi dalam pengelolaan dan pelaksanaan program - program UPB, baik dari segi managemen kurikulum, managemen keuangan dan managemen SDM di UPB LC UIN STS Jambi. UPB UIN Maulana baru menjadi PTP Pelaksana untuk Alumni tahun lalu (1 tahun), karenanya perlu belajar dari UPB LC UIN Jambi yang telah lebih dulu sukses menjalankan program ini,” jelas Dr. H. Abdul Muin, S.Ag. M.M.

Pada sesi sharing session Edi Humaedi, yang bertugas sebagai salah satu TIM Audit di SPI UIN Banten menyampaikan bahwa mereka memilih UIN STS Jambi karena reputasi UPB LC UIN STS Jambi yang dikenal sebagai sebuah unit kecil, tapi bisa berkontribusi besar terhadap Lembaga walau dengan low budget tetapi outputnya luar biasa terhadap lembaga. UPB LC UIN STS Jambi menurutnya hanya mendapat support budget yang relatif kecil dari total anggaran Lembaga, tetapi pergerakannya bisa sangat massif dan kontribusi UPB terhadap Lembaga berdampak sangat besar dan progressnya sangat pesat. 

Berbeda dengan di Banten ketika memiliki anggaran yang terbatas lantas tidak bisa melakukan banyak hal dengan pergerakan yang sangat terbatas pula. Selain itu, TIM UPB LC mampu memaksimalkan SDM yang ada di UIN dengan segala keterbatasannya dari segi anggaran, sehingga UPB-nya bisa berkembang bergerak diluar konsep pemerintahan tapi tetap sesuai aturan. 

“Berbeda dengan universitas-universitas lain yang memang dari segi anggaran besar dan mendapat hasil besar tidak kaget, karena budgetnya juga besar, tapi UIN STS Jambi dengan low budget, big impact. Ia juga memuji bahwa satu-satu PTKIN yang berhasil melakukan consorsium hanyalah UIN STS Jambi. Karena universitas yang mampu melakukan segala isi dan aktifitas akademik berkumpul di 1 gedung hanya di UIN STS Jambi saja. Hal tersebutlah yang menyebabkan UIN Banten ingin belajar konsep-konsep dan managemen pada UPB-LC UIN STS Jambi,” Jelas Edi Humaedi juga merupakan Sekretaris PIU.

Koordinator akademik UPB LC UIN Jambi, Erwin Hage, M.A., menambahkan sebagai Unit Pengembangan Bahasa, UPB LC memiliki visi MENGEMBANGKAN seperti namanya Pusat PENGEMBANGAN Bahasa, bukan pusat “pengujian” Bahasa, karena itu kehadiran UPB LC tidak hanya berperan dalam mengembangkan kemampuan Bahasa civitas akademika UIN STS Jambi saja, tetapi juga menjadi Pusat Layanan bagi masyarakat dan juga kehadirin UPB bisa dirasakan dampaknya bagi masyarakat Jambi, seperti visi UIN STS Jambi yang menjadi Lokomotif Perubahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: