Aki Mobil Bermasalah Karena Soak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Aki Mobil Bermasalah Karena Soak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi aki-wuling.id-

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Aki mobil adalah komponen paling penting pada sebuah mobil.

Aki pada mobil sama halnya seperti komponen lain, yakni mempunyai batas usia pemakaian. Lalu, bagaimana jika bermasalah?

Aki mobil soak adalah tanda bahwa tidak ada aliran listrik ke seluruh komponen kelistrikan mobil atau komponen yang perlu dialiri listrik. Alhasil, mobil akan susah dinyalakan.

Biasanya, aki mobil yang soak bisa ditandai dengan susah hidup waktu pagi hari. Aki yang bermasalah tentu dapat mengganggu perjalanan dan membuat mobil tidak dapat berjalan dengan baik.

Pasalnya, tugas utama aki mobil adalah bertanggung jawab pada proses kerja komponen kelistrikan mobil sehingga tak boleh Anda sepelekan.

Lalu, bagaimana jika aki mobil Anda mengalami soak? Simak penjelasan secara mendalam dan komprehensif mengenai aki mobil soak, mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya seperti dikutip dari wuling.id

Penyebab Aki Mobil Soak

Aki mobil soak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mengenali faktor penyebab aki mobil soak sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah pada aki mobil. Berikut adalah faktor penyebabnya:

1. Pengisian air aki yang tidak benar

Pengisian air aki mobil yang tidak benar, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat membuat kinerja aki terganggu. Jika terlalu banyak, maka aki akan menjadi terlalu encer dan bisa merusak komponen dalam aki. Sebaliknya, jika terlalu sedikit, aki akan menjadi terlalu kental dan mengurangi kinerjanya.

2. Kabel aki yang longgar atau rusak

Kabel aki yang longgar atau rusak dapat menghambat aliran listrik ke dan dari aki. Akibatnya, aki akan bekerja dengan kurang efektif dan bisa menyebabkan aki menjadi bermasalah.

3. Korosi pada terminal aki

Korosi pada terminal aki dapat menyebabkan hubungan antara kabel aki dan aki menjadi tidak stabil. Hal ini akan mengganggu aliran listrik yang masuk dan keluar dari aki, dan membuat aki menjadi soak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: