Strategi Bank Jambi Membangun Ekosistem Nasabah Milenial

Strategi Bank Jambi Membangun Ekosistem Nasabah Milenial

Gedung Bank Jambi--

Salah satunya adalah meningkatkan Financial literacy percentage by age. Selain edukasi berbentuk sosialisasi dan pengajaran, pengalaman langsung ke produk atau layanan finansial bisa menjadi opsi dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. 

Dukungan Bank Jambi misalnya dapat dilakukan dengan memberikan subsidi setoran awal tabungan Milenial kepada siswa di Kabupaten Kota Jambi dan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada kampus yang mengakusisi pembukaan rekening tabungan pelajar terbanyak berupa pemberian sarana dan prasarana sekolah.

Pola - pola itu harus berbasis embedded finance yang relevan. Embedded finance diartikan sebagai mekanisme yang memungkinkan sebuah layanan finansial digital ditempatkan di berbagai aplikasi. Contohnya, pengembang platform e-commerce dapat menghadirkan kapabilitas pembayaran. Bahkan di beberapa skenario, lewat e-commerce pengguna bisa membuka sebuah rekening bank; atau layanan pinjaman bisa diakses langsung oleh pengguna di aplikasi konsumer tanpa harus mengunduh aplikasi terpisah. Untuk merealisasikan layanan tersebut, diperlukan teknologi Open Finance.

Open Finance juga dapat berperan menjembatani kapabilitas yang dimiliki institusi finansial seperti bank Jambi dengan para pengembang aplikasi secara mudah dengan sambungan API yang ringkas dan aman. 

Cara kerja Open Finance ialah dengan menyuguhkan lapisan infrastruktur fintech yang dapat dimanfaatkan oleh platform digital. Dengan pemanfaatan Open Finance, layanan seperti e-commerce, ride hailing, OTT, edutech, dan sebagainya bisa memiliki platform keuangan yang komprehensif.

Intinya, Bank Jambi berkomitmen untuk meningkatkan awarness masyarakat, Pemerintah Daerah, Industri Perbankan, Kementerian/Lembaga terkait untuk menanamkan budaya menabung sejak dini. (*)

 

* Pengamat Perbankan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: